JENIS KOMUNIKASI ANTARA SISWA TUNARUNGU DENGAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB BC CEMPAKA PUTIH JAKARTA PUSAT

INKA KHRISTIA, . (2017) JENIS KOMUNIKASI ANTARA SISWA TUNARUNGU DENGAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB BC CEMPAKA PUTIH JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Inka Khristia (1335130106).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis komunikasi antara siswa tunarungu dengan siswa tunagrahita di SLB BC Cempaka Putih Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu dan siswa tunagrahita. Penelitian ini dilaksanakan ketika jam istirahat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis komunikasi antara siswa tunarungu dengan siswa tunagrahita di SLB BC Cempaka Putih Jakarta Pusat yaitu menggunakan komunikasi non verbal. Dimana ketika siswa tunarungu menyampaikan informasi menggunakan isyarat yang tidak baku, sedangkan siswa tunagrahita juga menggunakan isyarat yang tidak baku ketika berkomunikasi dengan siswa tunarungu. Penelitian ini diharapkan untuk guru agar menjadi fasilitator dalam mengembangkan kemampuan komunikasi yang terjadi diantara para siswa. This qualitative descriptive research is aiming to describe the communication varieties between deaf student and intellectually disabled student in SLB BC Cempaka Putih Jakarta Pusat. The research subject is deaf students and intellectually disabled students. The method used is descriptive with qualitative approach. The data collected by observation, interview and documentation thus analyzed by Mile and Huberman’s model. The research shows that the communication pattern between deaf students and intellectually disabled student is non-verbal communication varieties. When deaf students deliver information using non-standard gesture, intellectually disabled students using the same while communicate with deaf students. This research expecting teacher to be a facilitator in developing the communication skill which happen between students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Ibrahim Abidin, M.Pd. 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 07:31
Last Modified: 09 Apr 2022 07:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26172

Actions (login required)

View Item View Item