KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DENGAN KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA

IRNA YOELIANASARI, . (2017) KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DENGAN KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
IRNA YOELIANASARI - 1615128635.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data analisis ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung pada anak usia 4-5 tahun dengan kegiatan bermain menggunakan kartu angka. Kemampuan berhitung merupakan salah satu kemampuan ilmu matematika. Kartu angka merupakan media pembelajaran yang dibuat menggunakan karton atau duplek yang bentuknya persegi dengan ukuran 5x5 cm yang dapat mengembangkan kemampuan berhitug pada anak usia 4-5 tahun. Data analisis diperoleh dari analisis perbandingan bahwa kartu angka mempunyai manfaat untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak, yang dijadikan objek kajian perbandingan. Keterkaitan bermain kartu angka yang dijadikan objek kajian perbandingan dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak. Hasil analisis ini membuktikan bahwa kegiatan bermain kartu angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung. Anak mampu membilang secara berurutan, melakukan korespondensi satu ke satu, menghubungkan benda dengan lambang bilangan, menghitung tidak relevan, dan menghitung kardinal. Media yang dipilih disesuaikan dengan tahapan dan prinsip perkembangan berhitung pada anak, media yang bervariasi dalam melakukan kegiatan seperti kegiatan bermain kartu angka untuk mengenalkan konsep berhitung agar anak dapat dengan mudah memahami konsep berhitung dengan baik, anak akan menyenangi kegiatan berhitung menjadi lebih bermakna dengan pembelajaran secara langsung dan terstruktur dari lingkungannya serta dikombinasikan dengan media kartu angka yang dilakukan oleh anak melalui bermain. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan bermain kartu angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun. Date analysis is intended to determine the ability to speak in children aged 4- 5 years with storytelling with puppets game creations. The ability to speak is one linguistic abilities. Puppet creations is the instructional media created using duplex paper and use a flannel with some forms of human, animal and added wood coated using wrapping paper as a handle that can develop the ability to speak in children aged 4-5 years. Data obtained from the analysis of comparative analysis that puppet creations have benefits for developing children's speech, which made the object of comparative studies. Linkage told by playing puppet creations that made the object of comparative studies can develop the ability to speak in children. The results of this analysis shows that storytelling with puppets creations can develop the ability to speak. Children are able to develop children's skills in communication. children can express what he felt when a child can not disclose it to others. become more meaningful by learning directly done by children through storytelling with puppets game creations. Thus it can be stated that the storytelling with puppets game creations can develop speaking skills of children aged 4-5 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Wulan, M.Si. 2). Ade Dwi Utami, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 07:59
Last Modified: 09 Apr 2022 07:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26176

Actions (login required)

View Item View Item