MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI PENGGUNAAN METODE GLOBAL INTUITIF PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS II (Penelitian Tindakan Kelas di SLB BC Cempaka Putih)

ISTI HARYANI, . (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI PENGGUNAAN METODE GLOBAL INTUITIF PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS II (Penelitian Tindakan Kelas di SLB BC Cempaka Putih). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung melalui penggunaan metode global intuitif pada peserta didik tunarungu kelas II di SLB BC Cempaka Putih. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik tunarungu kelas II di SLB BC Cempaka Putih yang berjumlah enam peserta didik. Fokus penelitian adalah peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa lembar instrumen keterampilan menulis tegak bersambung. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode global intuitif dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung peserta didik tunarungu. Persentase rata-rata hasil keterampilan menulis tegak bersambung peserta didik tunarungu sebelum diberikan tindakan yaitu 46,16%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I diperoleh rata-rata persentase yaitu 58%. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase perolehan skor pada keterampilan menulis tegak bersambung pada peserta didik tunarungu yaitu 71,5%. Penelitian ini berhasil memberikan peningkatan persentase keterampilan menulis tegak bersambung pada peserta didik tunarungu kelas II di SLB BC Cempaka Putih. This study aims to improve the cursive writing skill through use of the intuitive global methods to the deaf student in class II at SLB BC Cempaka Putih. This research method uses a classroom action research methods conducted during two cycles, each cycle consisting of four stages, thera are a planning, action, observation and reflection. The subjects of the study were students of hearing impairment in second grader at SLB BC Cempaka Putih which amounted to six students. The focus of the research is the improvement of the cursive writing skill. Data collection is done by using a test instrument in the form of a sheet of cursive writing skill. The results showed that the use of intuitive global methods can improve the skill of cursive writing for deaf student. The average percentage of the result of the cursive writing skills to deaf student before given an action is 46,16%. After the action is given on the first cycle obtained the average persentage of 58%. In cycle II there is an increasing percentage of scoring achievement on the skills of cursive writing to the deaf student is 71.5% This research succeeded in increasing the percentage of cursive writing skill to deaf student in class II in SLB BC Cempaka Putih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd. 2). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 08:35
Last Modified: 09 Apr 2022 08:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26183

Actions (login required)

View Item View Item