HANIFAH RIANI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 74 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
HANIFAH RIANI_49151270479.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan berdasarkan bukti data empiris atau fakta yang sesungguhnya (valid), benar dan dapat dipercaya (reliabel) tentang adanya hubungan komunikasi interpersonal guru dengan prestasi belajar IPS, hubungan minat belajar dengan prestasi belajar IPS, hubungan komunikasi interpersonal guru dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain analisis korelasional. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak sederhana dengan adanya proporsional tingkatan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil pengujian Signifikan antara Komunikasi Interpersonal Guru dengan Prestasi Belajar IPS ditunjukan pada koefisien korelasi Pearson product moment sebesar 0,754 sedangkan thitung sebesar 5,74> ttabel (1,67). Adapun regresi bersifat linier dengan model persamaan Y= 0,569+0,206X1. 2) Hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS ditunjukan pada koefisien korelasi sebesar 0,668 sedangkan thitung sebesar 3,23 > ttabel (1,67). Adapun regresi bersifat linier dengan model persamaan Y =0,654+0,120X2. 3)secara bersama�sama ada hubungan yang signifikan antara variabel komunikasi interpersonal guru (X1) dan minat belajar (X2) dengan prestasi belajar IPS (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,791. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh kesimpulan bahwa 0,362. Hubungan regresi ganda bersifat linier dengan model persamaan Y =0,654+0,151X1 + 0,056 X2. Kontribusi determinasi dari masing-masing bvariabel bebas terhadap variabel terikat adalah: Variabel komunikasi interpersonal guru sebesar 56,7%. Variabel minat belajar sebesar 44,6%. Kontribusi determinasi kedua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat adalah 62,5 %. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa prestasi belajar IPS disebabkan oleh dua faktor secara bersamaan yaitu komunikasi interpersonal guru dan minat belajar sebesar 62,5% dan sisanya 37,5% faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. This study attempts to acquire knowledge based on evidence empirical data or fact that (valid), right and trustworthy ( it is reliable ) about the relathionsip interpersonal communication teachers with IPS learning achievement, the interest study IPS learning achievements, interpersonal relationships communication teachers and interest learn in bersama-sama against IPS learning achievements. Research methodology used is the method quantitative with the design analysis of correlational .Technique the sample done by is at random simple with the proportional levels. Based on analysis of data can be concluded that: 1) testing significant results between interpersonal communication teachers with social class learning achievements to be demonstrated on a correlation coefficient pearson product amounting to 0,754 moment while thitung is worth 5.74 > table of t ( 1.67 ).The regression spatially with linear model equations y = 0,569 + 0,206x1. The results of the testing of hypotheses second obtained the conclusion that a significant relation exists between interest learn by learning achievements social class shown at the coeficient correlation of 0,668 while thitung of 3.23 > table of t (1.67). As for regression is linear with a model equation y = 0,654 + 0,120X2. 3) together a significant relation exists between variables communication interpersonal teachers (X1) and interest learning (X2) with learning achievements social class ( y ) with a correlation coefficient of 0,791. The testing of hypotheses third results obtained the conclusion that 0,362 .Regression is a double linear with a model equation y = 0,654 + 0,151X1 + 0,056 X2. The determination of each variable free on variables bound is: variable interpersonal of communication teachers 56,7 % .the study of interest 44,6 %. The contribution of the second set determination freely in a bersama-sama on variables bound is 62,5 % .Based on these results concluded that ips learning achievements caused by two factors simultaneously the communication interpersonal teachers and learning interest of 62,5 % and the rest 37,5 % the others factor is not investigated in this study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Desy Safitri, M.Si 2) Dr. Dian Alfia Purwandari, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 09 Apr 2022 08:48 |
Last Modified: | 09 Apr 2022 08:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26184 |
Actions (login required)
View Item |