POLA RELASI GENDER PADA JURUSAN YANG DIKONSTRUKSI MASKULIN (Studi Kasus: Siswi Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 4 Tangerang)

HERNI FITRIANI, . (2017) POLA RELASI GENDER PADA JURUSAN YANG DIKONSTRUKSI MASKULIN (Studi Kasus: Siswi Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 4 Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Herni Fitriani.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengalaman interaksi perempuan pada jurusan teknik mesin dan mengtahui pola relasi gender yang terbentuk di dalam kelas yang didominasi laki-laki. Selain itu, tujuan dari penelitian ini juga untuk menjelaskan bagaimana otoritas maskulinitas dan manifestasi ketidakadilan gender yang terjadi akibat dari konstruksi jurusan teknik mesin sebagai citra maskulin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subyek dalam penelitian adalah empat murid perempuan kelas XI (sebelas) jurusan teknik mesin SMK Negeri 4 Tangerang dan informan kunci dalam penelitian ini ialah Bapak Salman selaku wali kelas XI (sebelas). Total informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Penulis menggunakan beberapa konsep seperti konsep gender, relasi gender dengan 4 dimensi relasi yaitu relasi kuasa, relasi produksi, relasi emosional, dan relasi simbolik dalam menganalisis pola relasi gender dalam jurusan yang dikonstruksi maskulin. Selain itu, penulis juga menggunakan konsep maskulinitas, dan ketidakadilan gender yang mencangkup subordinasi, kekerasan, dan beban ganda dalam menggambarkan bagaimana otoritas maskulinitas dan manifestasi ketidakadilan gender yang terjadi terhadap murid perempuan di dalam kelas. Hasil penelitian ini adalah bahwa pola relasi gender yang terjadi di dalam kelas yang di dominasi laki-laki dapat dilihat melalui 4 dimensi yaitu relasi kuasa yang terwujud dalam kebijakan-kebijakan kelas yang dibuat lebih memihak kepada laki-laki, relasi produksi dalam pembagian tugas di dalam kelas tidak sesuai dengan jabatannya sehingga murid perempuan mendapatkan beban ganda, relasi emosianal yang terbentuk kedalam berbagai pelecehan seksual terhadap murid perempuan, dan relasi simbolik yang terlihat dari kekerasan verbal yang dilakukan murid laki-laki kepada murid perempuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si 2) Syaifudin M.Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:06
Last Modified: 11 Apr 2022 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26200

Actions (login required)

View Item View Item