UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DIALOG SEDERHANA SISWA KELAS V SDN KEDAUNG KALIANGKE 06 JAKARTA BARAT MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING (SAMT)

JAYANTI ELISHABET CAROLINA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DIALOG SEDERHANA SISWA KELAS V SDN KEDAUNG KALIANGKE 06 JAKARTA BARAT MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING (SAMT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah dialog sederhana kelas V SD Negeri Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat melalui penggunaan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kedaung Kaling Anke 06 Jakarta Barat pada bulan Mei 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian tindakan kelas yang digunakan ialah model siklus dari Kemmis dan Mc Taggart dengan 4 tahap setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Pada pra siklus, hanya 29% dari 24 siswa atau sejumlah 7 siswa yang mendapat nilai tes menulis ≥ 75, sedangkan 17 siswa atau 71% dari jumlah seluruh siswa mendapat nilai < 75. Pada siklus I menunjukkan nilai tes menulis siswa mengalami kenaikan, yaitu siswa yang mendapat nilai ≥ 75 terdapat 11 siswa atau sebanyak 46%, sedangkan yang mendapat nilai < 75 ada 13 siswa atau 54% dari jumlah siswa. Siklus II menunjukkan tes menulis siswa sudah mencapai target, yaitu siswa yang mendapat nilai ≥ 75 terdapat 21 orang atau sebanyak 85%, sedangkan yang mendapat nilai < 75 ada 3 orang atau 15% dari jumlah siswa. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa dengan penggunaan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) dapat mengingkatkan keterampilan menulis naskah dialog sederhana siswa kelas V SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta. The aim of the classroom action reaserch is to improve simple dialog script writing skills in 5th grade of SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta Using Activities Guided Writing Strategy (SAMT) amounting to 24 students. This research was conducted at SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta. The subject of the research was the students of 5th grade in the second semester of the school year 2015/2016. The research method of classroom action reaserch using the model cycle of Kemmis and Mc Taggart with 4 stage each cycle: planning, action, observation, and reflection. In the pra cycle, only 29% from 24 students or 7 students who got writing score > 75, as for 17 students or 71% from whole students got score < 75. In the first cycle shows the score of the writing test has increased, it is the students who got score ≥ 75 there are 11 students or 46%, as for who got score < 75 there are 13 students or 54% from the total of students. In the second cycle shows the score of the writing test has achieve the target, it is the students how got score > 75 there are 21 or 85%, as for who got score < 75 is 3 students or 15% from whole students. The implication result of the research is that using Activities Guided Writing Strategy (SAMT) can improve simple dialog script writing skills in 5th grade of SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. 2). Drs. Dudung Amir S, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:10
Last Modified: 11 Apr 2022 01:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26202

Actions (login required)

View Item View Item