MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III MI KARAKTER AZZAROOFAH JAKARTA TIMUR

JESSIKA PUTRI SETIADY, . (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III MI KARAKTER AZZAROOFAH JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
JESSIKA PUTRI SETIADY 1815130379.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas III MI Karakter Azzaroofah Jakarta Timur. Sampel penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 24 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan model Kemmis and McTaggart. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kontekstual. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, tes keterampilan membaca puisi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data persentase keterampilan membaca puisi siswa pada siklus I sebesar 62,5%. Kemudian terjadi peningkatan persentase pada siklus II sebesar 83,33%. Adapun hasil pengamatan aktivitas guru dalam pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siklus I sebesar 88,10%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 95,25%. Selain itu, hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siklus I sebesar 83,33%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 92,86%. Dengan demikian, penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas III MI Karakter Azzaroofah Jakarta Timur. This classroom action research aims to improve poetry reading skills through contextual approach in third grade students of MI Character Azzaroofah East Jakarta. The sample of this research is class III student which is 24 students. Research sampling using Kemmis and Mc Taggart model. The research method used is a contextual approach. Techniques of collecting research data in the form of observation, poetry reading skill test and documentation. Based on the research result obtained percentage of students poetry reading skills in the first cycle of 62.5%. Then there is a percentage increase in the second cycle of 83.33%. The result of observation of teacher activity in reading poetry learning by using contextual approach in cycle I equal to 88.10%. In the second cycle there was an increase of 92.25%. In addition, the result of observations of student activity in learning to read poetry using a contextual approach on the first cycle of 83.33%. In the second cycle there was an increase of 92.86%. Thus, the use of contextual approach can improve poetry reading skill in grade 3 students of MI Character Azzaroofah of East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. 2). Dr. Ir. Arita Marini, ME.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:14
Last Modified: 11 Apr 2022 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26204

Actions (login required)

View Item View Item