HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMAN 6 TANGERANG

MARIATUL QIBTIAH, . (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMAN 6 TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415126632_ Mariatul Qibtiah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengetahuan lingkungan hidup merupakan kumpulan fakta-fakta, informasi dan prinsip-prinsip mengenai sesuatu yang terdapat disekitar makhluk hidup. Pengetahuan lingkungan hidup berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah yang merupakan proses penerapan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya ke dalam situasi baru yang tidak dikenal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan kemampuan pemecahan masalah pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Tangerang pada bulan April-Mei 2016. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan studi korelasional. Sampel diambil secara acak dengan teknik Simple Random Sampling, sebanyak 127 siswa kelas X MIA. Uji prasyarat analisis menunjukkan data normal dan homogen. Uji regresi diperoleh model regresi Ŷ = 24,24 + 1,10X signifikan dan menunjukkan hubungan yang linier. Koefisien korelasi sebesar 0,42 menunjukkan hubungan dengan kategori sedang. Uji koefisien determinasi menunjukkan 17,62% pengetahuan memberikan kontribusi terhadap kemampuan pemecahan masalah pencemaran lingkungan pada siswa. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan positif antara Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan. Environment knowledge is collection of facts, information and the principles of concerning something that there are around living things. Environment knowledge related to problem solving skills that is the process of applying of knowledge which has previously obtained into a new situation unknown. The purpose of this study is to find correlation environment knowledge with the problem solving skills about environmental pollution. The study was conducted in April-May 2016 at SMAN 6 Tangerang. The research methodology was survey with the study correlation. Samples were taken at random with Simple Random Sampling technique, as many as 127 students of science tenth grade. Prerequisite test showed data normal and homogeny. Regression model Ŷ = 24,24 + 1,10X that significance and had a linier correlation. Correlation values obtained 0,42 which was sufficient criteria. Coefficient of determination test showed that 17,62% of environmental knowledge contribute to the problem solving about environmental pollution. The conclution of this study there was positive correlation between environmental knowledge and problem solving environmental pollution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Ernawati, M.Si 2) Dr. Diana Vivanti Sigit., M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:18
Last Modified: 11 Apr 2022 01:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26206

Actions (login required)

View Item View Item