MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENDEKATAN ROUNDTABLE DI KELAS IV SDN SETIABUDI 01 PAGI JAKARTA SELATAN

JOANA CARCIA MATIO S, . (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENDEKATAN ROUNDTABLE DI KELAS IV SDN SETIABUDI 01 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSFULL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pengesahaan.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (540kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (78kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Roundtable sebagai upaya meningkatkan kreativitas siswa di kelas IV SDN Setiabudi 01 Pagi yang berlokasi di Jalan Setiabudi Barat no. 8K Jakarta Selatan. Waktu Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2016/2017, yakni pada bulan Mei-Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan Roundtable meningkatkan kreativitas siswa di kelas IV . Pada siklus I dan II mencapai 56%, dan 88%. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Roundtable dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi lingkungan setempat di kelas IV Sekolah Dasar. The purpose of this research is to determine the learning using roundtable approach as an effort to improve the creativity of learning Citizenship through Roundtable approach, which is located on street West Setiabudi no.8K, Setiabudi, South Jakarta. The research was conducted in the second semester of the school year 2016/2017, on May until June 2016. The method is A Classroom Action Research with four stages of each cycle, namely planning, action, observation, and reflection. The result of the research, by applying roundtable approach, could improve the creativity of learning Citizenship in the fourth grade. In the first and second cycles reached 56%, and 88%. The implication of this research is that learning by using roundtable approach can be one way to improve the creativity students of learning Citizenship on the subject of local environment in the fourth grade of primary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Otib Satibi M.Pd. 2). Drs. AR. Supriatna M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:22
Last Modified: 11 Apr 2022 01:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26209

Actions (login required)

View Item View Item