HUSAINA SEKAR KUSUMA, . (2017) DAMPAK PEMBERIAN HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA (Studi Kualitatif di SMA Negeri 1 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI HUSAINA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang akurat dan objektif mengenai dampak pemberian hukuman terhadap kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, informasi, dan gambaran secara mendalam dan objektif mengenai dampak pemberian hukuman terhadap kedisiplinan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Jakarta, Jalan Budi Utomo No. 7, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10710. Waktu penelitian terhitung dari bulan Februari-April 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumenter. Wawancara dilakukan pada 3 Key Informan, 10 Informan, dan 1 Expert yang dianggap mengetahui permasalahan secara mendalam. Key Informan adalah Guru PPKn, Guru BK, dan Wakasek Bidang Kesiswawaan, untuk Informan adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3, sedangkan Expert adalah Dosen BK Universitas Negeri Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian hukuman dapat memberikan dampak positif terhadap kedisiplinan siswa. Hal ini ditunjukan dengan telah berkurangnya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di SMA Negeri 1 Jakarta. Karena guru selaku pendidik terlebih dahulu menanyakan sebab-akibat mengapa siswa tersebut melakukan pelanggaran dan kemudian guru memilih hukuman yang sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan, serta hukuman tersebut bersifat mendidik agar siswa tidak merasa dipermalukan tetapi siswa akan merenungi kesalahannya dan tidak akan melakukan pelanggaran-pelanggaran lainnya. The purpose of this research is to gain accurate and objective information about punishment effect against student discipline. The purpose of this research is to get data, information, and immersing picture and objective about punishment effect against student discipline. This research was held in SMAN 1 Jakarta, Jalan Budi Utomo No 7, Pasar Baru, Sawah Besar, Center Jakarta, DKI Jakarta, 10710. This research was held from February to April 2017. This research use qualitative methods, data collecting with the observation, interview, and documenter study. The interview is to 3 key informan, 10 informan and 1 expert that knows about the problem immersingly. The key informan is the teacher of civic education, Counseling Teacher, and Vice Headmaster Student Sector, for the informan is student of XI IPS1 and XI IPS 3, while the expert is Counselling Lecturer from State University of Jakarta. The result of this research shows that punishment can bring a positive effect against student discipline. This shows with the reduce about the rule breakings that happen in SMAN 1 Jakarta. because the teacher as an educator ask them first about the cause and effect why the student do the rule breaking and the teacher what punishment that settle the rule breaking, also the punishment is only for educational things so student not feel ashamed but the student will think about their fault and not repeat the violation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Achmad Husen, M.Pd. 2) Drs. Agus Martono, M.Sc |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 01:27 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 01:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26213 |
Actions (login required)
View Item |