RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMAIT RAUDHATUL JANNAH, CILEGON

IBNU FARHAN HANY, . (2017) RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMAIT RAUDHATUL JANNAH, CILEGON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0. Awal - Akhir.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMAIT Raudhatul Jannah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini meneliti 3 unsur pembelajaran, yakni tentang materi pelajaran yang diajarkan, karena dengan adanya materi pelajaran yang disampaikan maka akan membantu siswa dalam menghafal al-Qur’an secara baik dan benar, selanjutnya metode yang digunakan dalam menghafal al-Qur’a, dengan menggunakan metode tepat siswa akan mudah dan cepat dalam menghafal al-Qur’an, dan terakhir tentang sikap guru tahfidz al-Qur’an, sebagaimana kita ketahui seorang guru merupakan pembimbing siswanya dalam belajar ketika disekolah, jika sikap guru baik dalam mengajar, siswa akan tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan guru tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, respon siswa terhadap pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SMAIT Raudhatul Jannah secara keseluruhan positif atau baik, Kedua, respon siswa terhadap materi pembelajaran tahfidz al-Qur’an sudah baik, tetapi masih ada beberapa aspek yang menjadi bahan evaluasi bagi guru, ketiga, respon siswa terhadap metode tahfidz al-Qur’an juga sudah baik dalam penerapannya, dan keempat terkait respon siswa terhadap sikap guru tahfidz al-Qur’an juga secara perhitungan analisis peneliti sudah baik, walupun ada 1 sikap yang harus di miliki oleh guru, seperti menurut informan yang peneliti wawancarai mengatakan bahwa kurangnya ketegasan guru dalam mengajar, sehingga masih ada beberapa siswa yang meremehkan pelajaran tahfidz yang diajar oleh guru tersebut. The purpouse of this research is to describe student responses through Al-qur’an memorizing learning at Raudhatul Jannah Islamic Senior High School. The Method that used on this research is analysis descriptive with qualitative research appoarch. This research has 3 concept of learning, those about the subject that taught, cause with the subject that delivered could help the student in memorizing Al-qur’an as good as well, then the method that used to memorize Al-qur’an with the right method students will easily in memorizing Al-qur’an, and the last about teacher behavior, as we know a teacher is a student guidance in learning at the school, if the teacher behave good in teaching, the students would be interest and fell courage in following the learning that tought with the teacher. Based on research it could be concluded: firstly,the student responses through Al-qur’an memorizing learning at Raudhatul Jannah Islamic Senior High School whole be possitive and good, secondly, the student responses through the subject of Al-qur’an memorizing learning has good, but there are some aspects that could be evaluated for teacher, thirdly, the student responses through the method of memorizing Al-qur’an also has good in the application, and fourthly depend on the student responses through teacher behavior on memorizing Al-qur’an also based on analysis calculation, researcher has good, even there is one effort that should be on have by the teacher, such as what the informant that interviewed by researcher said that less of teacher firmnessin teaching, though still there are some students that underestimate memorizing learning that taught by the teacher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hendrawanto, M.A. 2) Dr. Andy Hadiyanto, MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:38
Last Modified: 11 Apr 2022 01:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26221

Actions (login required)

View Item View Item