PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM di SMA NEGERI 59 JAKARTA dan SMA NEGERI 76 JAKARTA

MEI WANITA SIMANJUNTAK, . (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM di SMA NEGERI 59 JAKARTA dan SMA NEGERI 76 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Mei Wanita Simanjuntak - 3315120233 - Skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Mei Wanita Simanjuntak pdf.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik melalui pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam kelas XI. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Februari sampai Mei 2016 di SMA Negeri 59 Jakarta dan SMA Negeri 76 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, analisis kebutuhan,pengembangan produk, validasi produk kepada para ahli dan uji coba produk kepada siswa. Tahap pengembangan dilakukan dengan pendekatan saintifik dan diskusi dengan beberapa guru disekolah beserta beberapa dosen ahli dalam bidangnya. Hasil uji kelayakan oleh para ahli menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan termasuk kategori yang sangat baik dengan nilai r sebesar 0,81-0,94. Hasil uji coba modul pembelajaran kepada siswa untuk tiap indikatornya memberikan persentase >81% menandakan bahwa tiap indikator telah tercapai dengan sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, maka dapat disimpulkan modul pembelajaran kimia pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan dengan Pendekatan Saintifik sudah sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia. This research airms to development learning module chemistry with approach through at the material hydrolisis salt solution XI. This study was conducted from February to May 2016 at SMAN 59 and SMAN 76 Jakarta. The method used is a research and development (Research and Development). Steps being taken this research needs analysis, product development, product validation to the experts and product trials to students. Stage of development done by approach through. The result of feasibility studies by experts show that learning modules developed including the excellent category with r value of 0,81-0,96 The test results to student learninf modules of each indicator gives the very well. Based on the results obtained, it can be concluded chemistry learning module on material Hydrolisis salt with approach through has been very good and fit for use is learning chemistry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Ucu Cahyana, M.Si 2) Dr.Yusmaniar, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:15
Last Modified: 11 Apr 2022 02:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26235

Actions (login required)

View Item View Item