KHAIRUNNISA NURDIAH, . (2017) PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PENALARAN INDUKTIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN BEJI DEPOK JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (259kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (185kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (30kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (209kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (351kB) |
|
Text
6. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (126kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL dan GAMBAR.pdf Download (290kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (314kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (200kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (502kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (609kB) |
|
Text
41. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (80kB) |
|
Text
20. LAMPIRAN SOAL PREPOST.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap penalaran induktif matematika siswa kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Beji 08 Depok sebanyak 36 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diberi perlakuan mengalami kenaikan sebesar 48% dalam penalaran induktif matematika. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan penalaran induktif siswa dalam pembelajaran matematika. This experiment was intended to find the effect of guided discovery on the mathematics inductive reasoning of grade 5 students primary school. The sample of this experiment was 36 students at the Beji 08 of Depok Public Primary School. The technique of getting the sample was simple random sampling. The research used an experimental methods with pretest posttest control group design. Data were collected throught instrument by essay and analyzed by t-test. The result of research showed that the experimental group were treated increased by 48 % in mathematics inductive reasoning. Therefore, teachers need to know inductive reasoning skills of students in mathematics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yurniwati, M.Pd. 2). Dr. Ika Lestari S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 02:18 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 02:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26238 |
Actions (login required)
View Item |