STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN (Penelitian Deskriptif di Kelas VI SDLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta)

KHARISMA FIKRI MAHARDYAN, . (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN (Penelitian Deskriptif di Kelas VI SDLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Kharisma Fikri Mahardyan.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi lebih mendalam terkait pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis pada masing-masing teknik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menyusun perencanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan mengacu pada kurikulum KTSP yang terkoordinasikan dengan pihak sekolah. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode praktik serta demonstrasi. Materi yang diberikan oleh guru adalah mengacu pada kurikulum dan menggunakan media pembelajaran yang telah terfasilitasi dengan lengkap oleh sekolah seperti matras, alat tenis meja, dan lapangan bola. Evaluasi yang diberikan pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah tes perbuatan dan tes lisan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan tersedianya fasilitas sekolah yang lengkap, dan adanya kinerja guru yang baik, sekolah telah memanfaatkan dengan baik dengan telah memberikan pelayanan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang maksimal karena pembelajaran ini memiliki banyak manfaat terhadap keterampilan motorik, jasmani, dan kesehatan bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan. This research aims to find out more in-depth information related to implementation in the learning of health, sport, and physical education in SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta. This research used the qualitative approach with descriptive method. Through observation technique, interview, and documentation, the data were collected and analyzed. The research shows the result that the teachers of health, sport, and physical education compile the learning plan for health, sport, and physical education by referring to the KTSP curriculum coordinated with school. The learning methods used by teachers are practice and demonstration. They provide the materials by referring to curriculum and using the learning media facilitated completely by school for example such as mattress, table tennis tool, and football field. The evaluations on the learning of health, sport, and physical education are performance tests and oral tests. The implication of this research shows that school has well used complete facility and good performance of teachers by providing optimum health, sport, and physical education since it is very beneficial for health, motoric, and physical skills of students with visual impairment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja, M.Pd. 2). Dra. Irah Kasirah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:21
Last Modified: 11 Apr 2022 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26241

Actions (login required)

View Item View Item