KONSTRUKSI NILAI EDUKASI KEAGAMAAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Pada Akun Instagram @straightsunnah)

IMROATUL AZIZAH, . (2017) KONSTRUKSI NILAI EDUKASI KEAGAMAAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Pada Akun Instagram @straightsunnah). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai edukasi keagamaan yang ada pada media sosial akun instagram @straightsunnah dan konstruksi nilai edukasi keagamaan pada pengguna atau pengikut akun instagram @straightsunnah melalui suatu kajian pada postingan akun tersebut. Teori yang digunakan yaitu Konstruksi Sosial Media Massa Peter L. Berger. Metodologi yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah lima informan yang terdiri dari pemilik serta pengelola akun instagram @straightsunnah, serta pengikut (followers) akun instagram @straightsunnah.. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder untuk memperkuat temuan data di lapangan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa di dalam akun instagram @straightsunnah sebagai media literasi memberikan dan menanamkan nilai edukasi keagamaan pada pengguna atau pengikut (followers) akun instagram @straightsunnah. Ketika pengguna atau pengikut (followers) akun instagram @straightsunnah melihat setiap kajian melalui postingan-postingan yang ada di dalam akun tersebut, terjadi proses pembelajaran nilai edukasi keagamaan. Sehingga menimbulkan dampak sosial bagi pengikut (followers) akun tersebut. This article aims to describe the value of religious education available on the social media instagram account @straightsunnah’s and construction of religious educational value on the user or followers instagram account @straightsunnah’s through a study on the posting of account. The theory used is Social Mass Media Construction: Peter L. Berger. This research methodology uses qualitative approach, with observation technique, interview, documentation and literature study. The unit of analysis in this study were five informants consisting of the owner and management of instagram account @straightsunnah’s, and followers of instagram account @straightsunnah’s. This study also uses secondary data to strengthen the findings of data in the field. The results of this study found that in the instagram account @straightsunnah’s as literacy media in giving and instilling the value of religious education on the user or followers instagram account @straightsunnah’s. When users or followers of instagram account @straightsunnah’s see every study through the posts in the account, there is a process of learning the value of religious education. So as to cause social impact for followers of instagram account.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dian Rinanta Sari, S.Sos, M.A.P 2) Syaifudin, M.Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:24
Last Modified: 11 Apr 2022 02:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26242

Actions (login required)

View Item View Item