HUBUNGAN ANTARA KESUNGGUHAN (CONSCIENTIOUSNESS) DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

MELANI WULANDARI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA KESUNGGUHAN (CONSCIENTIOUSNESS) DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kesungguhan atau conscientiousness merupakan kecenderungan seseorang untuk dapat diandalkan, terorganisasi, menyeluruh dan bertanggung jawab. Kurangnya kesungguhan yang dimiliki siswa membuat hasil belajar biologi pada materi ekosistem menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesungguhan (conscientiousness) dengan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 38 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - April tahun 2016. Metode yang digunakan adalah metode survei melalui studi korelasional. Jumlah sampel sebanyak 105 siswa kelas X MIPA. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukan data sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesungguhan (conscientiousness) dengan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 38 Jakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0,804 pada persamaan Ŷ = 5,663 + 0,195X. Kesungguhan (conscientiousness) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar biologi siswa sebesar 64,69%. Conscientiousness is exhibited by those who described asdependable, organized, through and responsible. The lack of students conscientiousness make their study result on ecosystem learning of Biology subject become low. This study aims to determine correlation between conscientiousness and study result of biology students at the 38 Senior High School Jakarta in ecosystem subject. This research was held in March - April 2016. The method was used a survey method through correlative studies. The samples were 105 students from Mathematic and Science first grade. The results of normality and homogeneity test showed that data come from normal distribution of populations and homogeneous. The results of hypothesis test showed that there was significant positive correlation between conscientiousness and study result of biology students with a correlation coefficient 0,804 in the equation Ŷ = 5.663 + 0.195X. Conscientiousness contribute to study result of Biology students amounted to 64,69%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Putrawan 2) Dr. Mieke Miarsyah, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:30
Last Modified: 11 Apr 2022 02:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26247

Actions (login required)

View Item View Item