PERAN VOLUNTEER DALAM PRAKTIK KOMUNITAS PENDIDIKAN (Studi Kasus : Komunitas Rembulan Di Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor)

SRI RAHAYU, . (2016) PERAN VOLUNTEER DALAM PRAKTIK KOMUNITAS PENDIDIKAN (Studi Kasus : Komunitas Rembulan Di Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_SRI RAHAYU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai sebuah praktik sosial yang dilakukan oleh anak muda dengan membuat sebuah sekolah yang diperuntukan bagi anak-anak di Desa Cileungsi Kidul. Sekolah tersebut diajar langsung oleh volunteer Komunitas Rembulan yang merasa prihatin atas kondisi anak-anak di desanya. Target utamanya adalah membentuk kesadaran pendidikan bagi anak-anak dan juga masyarakat. Proses membentuk pola pikir baru tidak terjadi begitu saja namun didasari oleh motivasi dari dalam diri sendiri, terutama dari volunteer selaku agen yang berperan membentuk kesadaran rombongan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana strategi pembelajaran yang dilakukan oleh Komunitas Rembulan serta menganalisa bagaimana peran serta volunteer di Komunitas Rembulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumenter dan triangulasi data. Dengan subjek penelitian 9 orang yang berasal dari sekertaris desa Desa Cileungsi Kidul, pendiri Sekolah Rembulan, ketua RT, warga Desa Cileungsi Kidul, dan rombongan belajar Sekolah Rembulan. Penelitian ini berlokasi di Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Temuan lapangan selanjutnta akan dianalisa dengan teori integrasi agen-struktur dari perspektif Anthony Giddens, didukung dengan beberapa konsep, yakni praktik sosial dalam pendidikan, komunitas, dan interaksi edukatif. Penelitian ini dilakukan mulai Januari 2015 hingga Oktober 2015. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Komunitas Rembulan dapat menjadi arena internalisasi nilai-nilai melalui praktik sosial. Praktik sosial yang dilakukan Komunitas Rembulan dapat berhasil membangun motivasi anak karena dalam proses belajar-mengajarnya menerapkan interaksi edukatif yang mengedepankan komunikasi. Hal tersebut terbentuk melalui kesamaan visi dan misi para volunteer. Sekolah Rembulan menjadi perubahan baru bagi lingkungan yang dituangkan melalui konstruksi pola pikir baru yang dilakukan volunteer di Sekolah Rembulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ubedillah Badrun, M.Si ; 2). Rusfadia Saktiyanti Jahja, M. Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Jan 2020 11:02
Last Modified: 08 Jan 2020 11:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item View Item