HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI PRAKTIKUM IPA

MERLIS NURLYTA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI PRAKTIKUM IPA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415133050_Merlis Nurlyta.pdf

Download (2MB)

Abstract

Self-efficacy adalah keyakinan akan kemampuan atau kompetensi diri seseorang untuk melakukan suatu tugas, mencapai tujuan, dan mengatasi hambatan. Pembelajaran IPA yang memiliki banyak praktikum merupakan hambatan bagi siswa dan dapat meningkatkan kecemasan siswa. Selfefficacy yang baik sangat penting untuk menangani kecemasan yang ada pada diri siswa ketika menghadapi suatu permasalahan di sekolah baik dalam pembelajaran di kelas maupun menghadapi praktikum IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan siswa dalam menghadapi praktikum IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Labschool Jakarta pada bulan April-Mei 2016. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif melalui studi korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Labschool Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 130 siswa yang dipilih secara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen self-efficacy dan kecemasan siswa dalam menghadapi praktikum IPA. Analisis uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dengan Uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Uji Bartlett. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Uji korelasi yang digunakan adalah uji korelasi sederhana Pearson Product Moment. Hasil koefisien korelasi yang didapatkan yaitu sebesar -0,358 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara self-efficacy dengan kecemasan siswa dalam menghadapi praktikum IPA. Self-efficacy is a belief in ability or self-competence to perform a task, achieve goals, and overcome obstacles. Science learning that has many science experiment is an obstacle for students and can increase students anxiety. Good self-efficacy is very important to handle anxiety that exist in students when facing a problem either in classroom learning or science experiment. This study aims to determine the relationship between selfefficacy with students anxiety in science experiment. This research was conducted at Labschool Jakarta junior high school in April-May 2017. The type of method used was quantitative method with correlational study.The subjects of this research was 7th grade students of Labschool Jakarta junior high school with total sample 130 students selected by Simple Random Sampling. Data collection techniques used self-efficacy instruments and students anxiety in science experiment instruments. Prerequisite test analysis used was the normality test with KolmogorovSmirnov Test and homogenity test with Bartlett Test. Based on the calculation results obtained normal and homogeneous distributed data. Correlation test used was a simple correlation test Pearson Product Moment. The result of correlation coefficient obtained was -0.358 which showed that there was a negative relationship between self-efficacy with students anxiety in science experiment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed 2) Dra. Yulilina Retno, M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:39
Last Modified: 11 Apr 2022 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26251

Actions (login required)

View Item View Item