UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN SERBUK KAYU BERWARNA (SERUNA) (Penelitian Tindakan Kelas di KB/TK Tunas Wiratama, Rawamangun, Jakarta Timur)

KIKI RIZQIA, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN SERBUK KAYU BERWARNA (SERUNA) (Penelitian Tindakan Kelas di KB/TK Tunas Wiratama, Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI KIKI RIZQIA 1615120054.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di KB/TK Tunas Wiratama, Rawamangun, Jakarta Timur, melalui bermain serbuk kayu berwarna (seruna) yang dilaksanakan pada bulan November – Desember 2016. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari anak-anak TK A yang berjumlah 10 orang anak, yaitu terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus. Masing-masing siklus terdapat perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing, dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan non tes untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan tindakan dan data keterampilan motorik halus anak yaitu melalui observasi berupa catatan lapangan, catatan dokumentasi, dan catatan wawancara serta pedoman penilaian keterampilan motorik halus. Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain serbuk kayu berwarna (seruna) dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Implikasi dari penelitian ini yaitu bahwa bermain serbuk kayu berwarna dapat dijadikan bahan alternatif dalam kegiatan di sentra maupun di kelas untuk dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan pelaksanaan yang bervariasi dan tidak membosankan. This study aims to improve fine motor skills of children aged 4-5 years in KB / TK Tunas Wiratama Rawamangun, East Jakarta, through the play colored wood dust (seruna) that was conducted in November-December, 2016. Subjects in this study consisted of kindergarten children A totaling 10 children, which is composed of 5 boys and 5 girls. The method used in this research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consisting of planning (planning), action (acting), observation (observing, and reflection (reflecting). The data collection technique used is use the technique of non-test to obtain data on the implementation of the action and the data of fine motor skills of children through observation form field notes, documentation records and interview notes and fine motor skills assessment guidelines. The results showed that playing colored wood dust (seruna) can improve fine motor skills of children aged 4-5 years. The implication of this study is that the play colored wood dust can be used as an alternative in the activities at the center and in the classroom to help improve fine motor skills of children with implementation varied and not boring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Wulan, M.Si. 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:42
Last Modified: 11 Apr 2022 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26252

Actions (login required)

View Item View Item