PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE- OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA (Studi Action Research di Kelas VII F SMPN 275 Jakarta)

INTAN BAHRIANI KHAER, . (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE- OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA (Studi Action Research di Kelas VII F SMPN 275 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasil.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai penerapan model pembelajaran Inside-outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII F di SMPN 275 Jakarta sejak bulan Februari sampai bulan Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas atau classroom action research yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru IPS. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, pada tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Observasi (observing), dan Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian test hasil belajar terjadi peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus 1 sebesar 50% (18 siswa) mendapat nilai di atas KKM 74, pada siklus 2 sebanyak 72% (26 siswa) mendapat nilai di atas KKM 74, dan pada siklus 3 sebesar 83% (30 siswa) mendapat nilai di atas KKM 74. Selain itu model pembelajaran Inside-outside Circle mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam aspek bertanya, menjawab, berpendapat, dan memecahkan masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside-outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, sehingga siswa mampu mengembangkan keaktifan dalam belajar dan dapat memperoleh hasil belajar IPS yang lebih baik yaitu di atas KKM 74. This study aims to obtain empirical data about the application of Inside- outside Circle learning model to improve students' IPS learning outcomes. This research was conducted on the students of class VII F in SMPN 275 Jakarta from February until March 2017. The research method used in this research is classroom action research that is carried out collaboratively with IPS teachers. This study uses three cycles, each cycle consisting of four stages: Planning Action, Acting, Observing, and Reflection. Based on the results of research, test results learn to increase in each cycle. In cycle 1 of 50% (18 students) scored above KKM 74, in cycle 2 72% (26 students) got score above KKM 74, and in cycle 3 83% (30 students) got the score above KKM 74. In addition, the learning model of Inside-outside Circle can improve students' activeness in asking questions, answering, arguing, and solving problems. Thus it can be concluded that the application of Inside-outside Circle learning model can improve student's IPS learning outcomes, so that students are able to develop activeness in learning and can obtain better learning IPS that is above KKM 74.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si 2) Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:50
Last Modified: 11 Apr 2022 02:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26255

Actions (login required)

View Item View Item