UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KOIN PADA USIA 4 ±5 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A TK Negeri Cilcap Menteng, Jakarta Pusat )

KLEMENTINA ADEPUSPITA AJI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KOIN PADA USIA 4 ±5 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A TK Negeri Cilcap Menteng, Jakarta Pusat ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Image
001.jpg

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Image
004.jpg

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman bilangan pada anak usia 4 ±5 tahun di TK Negeri Cilacap Menteng, Jakarta Pusat melalui kegiatan bermain koin. Subjek pada penelitian ini adalah 11 anak yang berusia 4-5 tahun Kelompok A di TK Negeri Cilacap. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok A TK Negeri Cilacap Menteng, Jakarta Pusat yang kemampuan pemahaman bilangannya masih rendah dengan jumlah sebanyak 11 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71% dari jumlah anak mengalami peningkatan. Hasil analisis data pada praintervensi di dapat presentase 54%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 65,1% dengan keterangan bahwa semua anak mengalami peningkatan. Data yang diperoleh pada siklus I dijadikan acuan dalam melakukan tindakan pada siklus II untuk melihat kestabilan dan konsistensi peningkatan kemampuan. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 77,7% dengan keterangan semua anak mengalami peningkatan. Berdasarkan keberhasilan yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan pemahaman bilangan anak usia dini dapat meningkat dengan kegiatan bermain manipulatif yang menggunakan media nyata untuk pembelajarnnya dan membangun motivasi. This research is to increasing number sense of 4-5 years old in TK Negeri Cilacap Menteng, Central Jakarta through by pennies for toys. subjects of this researched were children age 4-5 years old in the group A TK Negeri Cilacap. This researched was held during November to Desember 2016. The method used was classroom action research, done in two cycles. Each sycle consist of planning, acting, observing, and reflecting. The subject of researched was group A TK Negeri Cilacap Menteng, Central Jakarta theirs numbers sense ability was still low 11 kids from 25 student. The presentation of success dealt between researcher and collaborator was 71% from whole children got increased. The result of data analysis of pre-intervention was 54%. After being given the intervention, the presentation raised to 65,1% noted by whole children got increased. The data got from first cycle be a reference to act on second cycle, this was did to saw the stability and consistency of the increased happened. The result was 77,7% noted by whole children still got increased. Based on the percentage of success, data hypothesis was proved. And when it was proved qualitatively it was also admitted that number sense of the children on his early age could raise by attended by manipulatives play used real object for learning and has built motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si. 2). Dr. Nurjannah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:49
Last Modified: 11 Apr 2022 02:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26256

Actions (login required)

View Item View Item