MIA ANDINA LUBIS, . (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN “KAJIAN FISIS BATUBARA” UNTUK SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (32MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku pengayaan pengetahuan “Kajian Fisis Batubara” yang layak untuk SMA. Buku ini ditujukan untuk siswa yang tuntas menguasai materi pelajaran fisika pada Kompetensi Dasar memahami keterbatasan sumber daya energi dan dampaknya bagi kehidupan. Metode Penelitian yang digunakan adalah Research and Development dan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri atas 4 komponen yaitu kelayakan materi, penyajian, bahasa, dan grafika. Instrumen penilaian yang digunakan berpedoman pada instrumen penilaian buku pengayaan pengetahuan yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Buku ditulis dengan bahasa komunikatif dilengkapi dengan gambar menarik, data serta info faktual batubara. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi 92%, pembelajaran 89,3% dan grafika 83,3% dengan interpretasi “sangat baik”, sedangkan ahli media 80,5% dengan interpretasi “baik”. Berdasarkan uji efektivitas diperoleh skor gain 0,35, menunjukkan bahwa buku pengayaan dapat meningkatkan pengetahuan siswa dengan kategori sedang. Berdasarkan uji kelayakan dan uji efektivitas dapat disimpulkan buku pengayaan pengetahuan “kajian Fisis Batubara” dinyatakan layak sebagai buku pengayaan pengetahuan dan dapat meningkatkan pengetahuan siswa. This study was conducted to develop the standardized knowledge-enrichment book for Senior High School Students. This book was tended to the students who have completely mastered the Physics materials in comprehending the limitation of energy sources and its effect for human’s life, as stated in the Main Competency (Kompetensi Dasar) of the existing Curriculum. The research method used is Research and Development which refers to ADDIE Development Model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Questionnare was given as the assessment-instrument of the study which consists of four indicators; material, language, presentation, and graphic. The standard of assessment-instrument used in this study was in line with the standard of assessment-instrument of knowledge-enrichment book by Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) of Indonesian Ministry of Education and Culture. Written in communicative language, interactive pictures, and simplistic explanation about factual information of coal, the book acquired 92% of materialstandard, 89.3% of activity-standard, and 83,3% graphic-standard with the “very good” intepretation, while 80.5% for media-standard with the “good” intepretation. Based on the efficacy-standard testing, the book had 0.35 gain-score, indicated that it can enhance students’ knowledge in the ‘middle’ category. The result strengthened that the knowledge-enrichment book “Kajian Fisis Batubara” was appropriate as a standardized and well-intepreted book.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Desnita, M.Si 2) Drs. Handjoko Permana, M.Si |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 02:56 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 02:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26260 |
Actions (login required)
View Item |