LAMBOK MELINDA SILITONGA, . (2017) GAMBARAN EMPATI SISWA PELAKU VERBAL BULLYING (Survei pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Kelurahan Pegadungan, Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Lambok Melinda Silitonga 1715121280.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi serta data secara empiris mengenai gambaran empati siswa pelaku verbal bullying di SMP Negeri Kelurahan Pegadungan, Jakarta Barat. Populasi pada penelitian ini berjumlah 614 siswa dengan sampel berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah survei pada 32 siswa pelaku verbal bullying. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes empati siswa pelaku verbal bullying dengan bentuk pilihan ganda terdiri dari empat pilihan jawaban dan dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa berada pada kategori sedang yaitu 24 siswa (75%), 6 siswa berada pada kategori tinggi (18,75%) dan 2 siswa berada pada kategori rendah (6,25%). Empati pada dimensi kognitif memperoleh persentasi tertinggi yaitu sebesar 78,13% daripada empati afektif sebesar 46,86%. Guru BK seharusnya memiliki program intervensi yang tepat bagi pelaku verbal bullying agar verbal bullying tidak terulang lagi di masa depan. The purpose of this study was to obtain information and data regarding the empathy of student bullies of verbal bullying at public junior high schools in Kelurahan Pegadungan, West Jakarta. The population of this study was 614 students from 3 Junior High Schools (SMP) in Kelurahan Pegadungan and the sample was 32 student bullies of verbal bullying in Kelurahan Pegadungan. The method used was survey on 32 student bullies of verbal bullying. Sampling technique using nonprobability sampling and purposive sampling technique. Data was collected by using empathy instrument test for student bullies of verbal bullying with multiple choice consisted of four possible answers and analyzed using descriptive statistics. The results showed that the majority of respondents i.e24 students (75%) were on medium category, 6 students (18,75%) were on high category, and 2 students (6,25%) were on low category. Cognitive empathy obtained the highest percentage of empathy (78,13%) than affective empathy (46,86%). School counselor should be able to develop appropriate intervention programs for student bullies of verbal bullying in order to prevent repeating verbal bullying in the future.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Awaluddin Tjalla. 2). Dra. Indira Chanum, M. Psi. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 03:23 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 03:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26275 |
Actions (login required)
View Item |