PELAKSANAAN PEMBENTUKAN FONEM VELAR DAN GLOTAL ANAK TUNARUNGU DENGAN KOKLEA IMPLAN DI TK-LB PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT (Studi Deskriptif Kualitatif di SLB-B Pangudi Luhur kelas TK-LB 2 Jakarta Barat)

LESTARI ANGGRAYANI SADILI, . (2017) PELAKSANAAN PEMBENTUKAN FONEM VELAR DAN GLOTAL ANAK TUNARUNGU DENGAN KOKLEA IMPLAN DI TK-LB PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT (Studi Deskriptif Kualitatif di SLB-B Pangudi Luhur kelas TK-LB 2 Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam informasi yang berkaitan dengan implementasi bentuk velar fonem dan anak-anak tunarungu di TKLB B Pangudi Luhur, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis data model Miles dan Huberman dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa sekolah memodifikasi kurikulum sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak, dengan pendekatan oralaural yang terdiri dari pendekatan visual,auditory,taktil,kinestetik. Materi yang digunakan berupa percakapan di kelas dan juga percakapan langsung dengan langkah-langkah yang digunakan tidak berbeda yaitu prawicara, menangkap fonem, pembentukan fonem, koreksi fonem, penggemblengan, mengembangkan fonem Menjadi kata-kata dan kalimat dan latihan mendengarkan. Proses pembentukannya dibantu oleh alat seperti spatel, cermin tangan, pias, dan alat untuk mendengar implan koklea, namun tidak memakai headphone dikarenakan radiasi. Evaluasi dilakukan dengan uji lisan dengan praktik pendengaran. Implementasi pembentukan fonem velar dan glottal memiliki pendekatan kinestetik visual, pendengaran, pendengaran yang bagus untuk optimasi sensorik. Dengan materi yang bersifat situasional. Langkah-langkah tersebut dilakukan terstruktur dan terlihat kemajuan kesuksesannya. Ditambah dengan berbagai faktor pendukung. Evaluasi diaplikasikan dalam bentuk tes lisan sehingga guru dapat melihat sejauh mana kemampuan untuk memahami mendengar dan juga berbicara implikasi ini juga menunjukan bahwa pelaksanaan pembentukan fonem velar dan glotal ini bertujuan agar anak tunarungu dapat bersosialisasi lebih luas di lingkungan msyarakat. This reasearch aims to deepen the information related to the implementation of phonemic velar form and children with hearing impairment in TKLB B Pangudi Luhur, West Jakarta. This research uses qualitative approach with descriptive method. Data collection is done through interview, observation and documentation with data analysis model Miles and Huberman with three paths namely data reduction, data presentation, and conclusion. The findings show that schools modify the curriculum according to the abilities and needs of the child, with an oral-aural approach consisting of a visual, auditory, tactile, kinesthetic approach. The material used in the form of conversations in the classroom as well as the direct conversation with the steps used are not different ie prawicara, capturing phonemes, phoneme formation, phoneme correction, tracing, developing phonemes Being words and sentences and listening exercises. The process of formation is assisted by tools such as spatula, hand mirrors, pias, and a tool to hear cochlear implants, but do not wear headphones due to radiation. Evaluation was performed by oral test with hearing practice. Implementation of velar and glottal phonemes has a visual kinesthetic, hearing, and hearing approach for sensory optimization. With material that is situational. The steps are done in a structured and visible progress of its success. Coupled with various supporting factors. Evaluation was applied in the form of oral test so that the teacher can see how far the ability to comprehend listening and also speak of this implication also shows that the implementation of velar and glotal phoneme formation is aimed so that deaf children can socialize more widely in society.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Totok Bintoro, M.Pd. 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:34
Last Modified: 11 Apr 2022 03:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26280

Actions (login required)

View Item View Item