PEMBENTUKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI LINGKUNGAN SEKOLAH TK-KARTINI (Penelitian Deskriptif Kualitatif, Kebon Jeruk, Jakarta Barat)

LIA FARHIYAH, . (2017) PEMBENTUKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI LINGKUNGAN SEKOLAH TK-KARTINI (Penelitian Deskriptif Kualitatif, Kebon Jeruk, Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lia Farhiyah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan tentang pembenatukan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah Taman Kanak-kanak Kartini, Berdikari, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dikumpulkan dengan cara mengamati dan mencari informasi mengenai kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan anak usia 4-5 tahun di Tk-Kartini memiliki kemampuan berbagi makanan dan berbagi mainan kepada teman sebaya, memiliki kemampuan bekerjasama yang baik kepada orang lain dan teman sebaya, sehingga mampu menunjukkan rasa peduli dan membantu sesama, mampu menunggu giliran saat mencuci tangan, mampu meletakkan sesuatu pada tempatnya, mampu bekerjasama merapikan mainan setelah selesai bermain,. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan kemampuan berbagi dan bekerjasama yang baik mampu menciptakan hubungan yang harmonis sesama teman sebaya. This research aims to see and describe the interpersonal intelligence of children aged 4-5 years in the adjustment in the new school environment. The research was carried on in the school kindergarten Kartini, Berdikari, Kebon Jeruk, West Jakarta. The method used in this study is a qualitative research method. The collection of data collected by observing and looking for information regarding interpersonal intelligence of children aged 4-5 years in the adjustment in the new school environment. Results showed children aged 4-5 years in the Tk-Kartini has the ability to share a meal and share toys to peers, has a good ability to cooperate with others and peers, so as to show a sense of caring and helping others, being able to wait their turn when washing hand, is able to put something in place, able to work tidy up the toys after they finish playing. These results indicate that upon ability to share and cooperate with good capable of creating a harmonious relationship among peers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd. 2). Sihadi Darmo, W. M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:37
Last Modified: 11 Apr 2022 03:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26282

Actions (login required)

View Item View Item