HUBUNGAN ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN KECURANGAN AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA

MUHAMAD HANIF HAREVAH, . (2017) HUBUNGAN ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN KECURANGAN AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_M HANIF H_3415136413.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adversity Intelligence (ketahan-malangan) adalah sebuah kecerdasan yang dimiliki setiap orang untuk merespon dan menghadapi situasi yang sulit dengan memanfaatkan ketangguhan yang dimiliki untuk bertahan dan menghadapi berbagai kesulitan yang dihadapi, sehingga kecerdasan ini merupakan salah satu jenis kecerdasan yang diperlukan manusia untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai. Kecurangan akademik merupakan salah satu perilaku yang dilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh keberhasilan dalam pembelajaran dengan cara yang tidak jujur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Intelligence dengan kecurangan akademik peserta didik pada mata pelajaran Biologi di SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Bekasi pada bulan Mei-Juni Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan studi korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 155 peserta didik kelas XI MIPA yang diambil secara Simple Random Samping. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menujukkan data sampel berasal dari populasi yang berdistrbusi normal dan homogen. Persamaan regresi yang diperoleh sebesar Ŷ = 97,504 + 0,490X. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa nilai thitung (5,83) < ttabel (11,93). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) diterima dan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan negatif antara variabel Adversity Intelligence dengan kecurangan akademik peserta didik pada mata pelajaran Biologi. Adversity Intelligence (ketahan-malangan) is an intelligence that everyone has for respond a difficult situations by using the resilience to endure in difficult situation, that is one of kinds intelligence that human beings need to be achieved the goal of life. Academic cheating is one of the behaviors that students do to gain success in learning by using the dishonest way. The aim of this study was to determine the relationship between Adversity Intelligence with academic cheating of students on Biologycal Learning in Senior High School. This research was conducted at 4 Senior High School of Bekasi in May-June 2016. The research used descriptive method with correlational study. Sampling technique was done by simple random sampling with 155 students of second grade in science program. Data showed in normal distribution and homogeneous. The regression model obtained was Ŷ = 97,504 + 0,490X. The test correlation result is tcount (5,83) < ttable (11,93). The result expalined that the null hypothesis (H0) is accepted and it can be concluded that there is nothing a negative relationship between Adversity Intelligence and Academic Dishonesty of Student at Biological Learning in Senior High School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed 2) Dra. Ratna Dewi Wulaningsih, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:43
Last Modified: 11 Apr 2022 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26286

Actions (login required)

View Item View Item