PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 98 JAKARTA

MUHAMMAD ANSORI, . (2016) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 98 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Muhammad Ansori-3315122094-SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Ansori-3315122094-ABSTRATC INGGRIS.pdf

Download (83kB)

Abstract

Model pembelajaran flipped classroom berguna untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam mempelajari materi di rumah sebelum kegiatan pembelajaran di kelas berlangsung melalui video pembelajaran yang dibuat oleh guru sehingga siswa dapat belajar secara aktif melalui diskusi saat pembelajaran di kelas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom dalam pembelajaran kimia pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa SMA kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom sedangkan kelas kontrol tidak menerapkan model pembelajaran flipped classroom. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen pendukung berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen (rata-rata = 80,55) lebih besar daripada kelas kontrol (rata-rata = 74,86). Hasil uji t diperoleh nilai thitung> ttabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. This study aims to determine the effect of Flipped Classroom Model Against Student Results In Buffer materials can improve student learning outcomes in acid-base material . The method used is the method Quasi Experimental Research pretest - posttest Control Group Design. Samples were selected through sampling techniques and specify XI purvosive MIA I was treated as an experimental class models XI MIA flipped classroom and 5 as the control class lectures and discussions . Based on t test obtained thitung 2,944 and ttable value of 2.00 with df = 56. Values greater than the value thitung ttable ( thitung > t table ) so that H0 is rejected at the 5% significance level . In this study, the experimental class learning outcomes is greater than the control class learning outcomes . This shows that there is a positive effect of Flipped Classroom Model Against Student Results Highlights In Buffer Solution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Maria Paristiowati, M.Si. 2) Setia Budi, M.Sc
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:00
Last Modified: 11 Apr 2022 04:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26296

Actions (login required)

View Item View Item