Aditya Anggun Wijaya, . (2017) ANALISIS TEGANGAN PADA DESAIN BOOM EXCAVATOR KELAS 20 TON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI-ADITYA ANGGUN WIJAYA-5315122794.pdf Download (10MB) |
Abstract
Boom excavator kelas 20 ton merupakan penopang dan tuas utama yang digunakan untuk penempatan (mounting) bagian-bagian penting excavator, menggerakkan arm naik turun, menahan beban dari arm, breaker, dan beban dari luar. Untuk itu, dilakukan analisis tegangan (stress analysis) menggunakan metode elemen hingga (finite element analysis) dengan bantuan software Autodesk Inventor Professional 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tegangan pada desain mana yang lebih kuat dan aman antara boom excvavator kelas 20 ton unreinforcement, reinforcement versi engineer PT. PQR, dan reinforcement versi engineer PT. XYZ. Dimensi tinggi boom excavator kelas 20 ton 922 mm, tinggi boom excavator dari boom top ke arm hydraulic pin 1160 mm, dan panjang boom excavator 5700 mm. Simulasi dilakukan pada rancangan desain yang berbeda yaitu boom excvavator kelas 20 ton unreinforcement, reinforcement versi engineer PT. PQR, dan reinforcement versi engineer PT. XYZ. Ketiganya diberi beban dan tumpuan (restraints) yang sama yaitu 111687,001 N pada pin 1, 94165 N pada pin 2, dan 336842,440 N pada pin 3. Penentuan pin pada desain boom excavator kelas 20 ton yaitu dibagian rear boom dan center boom. Setelah proses analisis dilakukan, hasil menunjukan bahwa desain boom excavator kelas 20 ton reinforcement versi engineer PT. XYZ adalah yang paling kuat dan aman dilihat dari nilai safety factor 8.98691.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. H. Sirojuddin, M.T. ; 2). Siska Titik Dwiyati S.Si., M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 09:36 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 09:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/263 |
Actions (login required)
View Item |