Motivasi Belajar Agama pada Hijabers Community Jakarta

KHAIRUNNISA AZIZAH, . (2017) Motivasi Belajar Agama pada Hijabers Community Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (595kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 Motivasi Belajar Agama pada Komunitas Hijabers Jakarta.docx.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar agama yang pada Hijabers Community Jakarta khusunya motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini mencoba menjelaskan data penelitian yang diperoleh melalui kegiatan-kegiatan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori menurut woolks yaitu teori yang menjelaskan tentang motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik yang kemudian dianalisis dalam bentuk data serta didukung dengan menjabarkan beberapa faktor terkait motivasi tersebut. Adapun faktor-faktor motivasi intrinsik yang digunakan peneliti yaitu faktor perasaan senang, kesadaran, rasa curiosity. Sementara faktor- faktor ekstrinsik yang digunakan adalah faktor dorongan, sosial, pujian, dan reward. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar agama pada Hijabers Community Jakarta yang lebih dominan yaitu motivasi intrinsik dengan prosentase sebesar 78,4%, sedangkan motivasi ekstrinsik mempunyai prosentase sebesar 20,8%. Adapun prosentase 0,8% merupakan angka yang menunjukkan adanya keraguan baik terhadap motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. Untuk itu, motivasi yang sangat berpengaruh besar terhadap berjalannya kegiatan belajar agama para informan ini sangat dilatarbelakangi oleh adanya motivasi intrinsik dengan kriteria “Baik”. This study aims to describe the motivation of religious learning in the Jakarta Community Hijabers especially intrinsic motivation and extrinsic motivation. This research uses descriptive qualitative method, where this research try to explain research data obtained through observation activities, interview, questionnaire, and documentation. The theory used by researchers is the theory according to woolks is the theory that explains the intrinsic motivation and extrinsic motivation which is then analyzed in the form of data and supported by describing several factors related to motivation. The intrinsic motivation factors used by the researcher are the factors of feeling of pleasure, awareness, sense of curiosity. While the extrinsic factors used are the factors of encouragement, social, praise, and reward. Based on the results of research shows that the motivation to study religion in Hijabers Community Jakarta is more dominant in intrinsic motivation with the percentage of 78,4 %, while extrinsic motivation has a percentage of 20.8%. The 0.8% percentage is a number indicating the existence of doubts both on intrinsic and extrinsic motivation. To that end, the motivation that greatly influences the passing of religious learning activities of these informants is very motivated by the existence of intrinsic motivation with the criteria of "Good".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Izzatul Mardhiah, MA. 2) Drs. Zulkifli Lubis, MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:07
Last Modified: 11 Apr 2022 04:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26301

Actions (login required)

View Item View Item