PENERAPAN MODEL PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (Studi kasus kelas X MIA- II MAN 3 Jakarta Pusat )

KHALISA QATRUNNADA, . (2017) PENERAPAN MODEL PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (Studi kasus kelas X MIA- II MAN 3 Jakarta Pusat ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP KHALISA QATRUNNADA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model peer teaching (tutor sebaya) bisa meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas X MIA-II MAN 3 Jakarta Pusat dengan model Peer teaching (tutor sebaya). Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas ( classroom action research) sebanyak tiga kali siklus dengan satu kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitiannya peserta didik kelas X MIA-II MAN 3 Jakarta Pusat yang berjumlah 36 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data yang diperoleh menggunakan teori keaktifan yaitu Visual Activities, Oral Activites, Listening Activities, Writing Activities, serta Mental Activities. Berupa hasil observasi dengan lima indikator keaktifan siswa belajar. Indikator keaktifan belajar yaitu Siswa memperhatikan penjelasan guru, siswa yang mengalami kesulitan mau bertanya dengan teman yang menjadi tutor pada kelompoknya, Siswa mendengarkan penjelasan dari kelompok lain , Siswa membuat laporan hasil diskusi , Siswa menjawab pertanyaan guru dan menanggapi hasil presentasi kelompok lain . Hasil penelitian kelas X MIA-II MAN 3 Jakarta Pusat mengalami peningkatan dari Pra siklus sampai siklus III yaitu pada pra siklus total keaktifan siswa sebesar 27%, pada siklus I total keaktifannya sebesar 55%, pada siklus II total Keaktifannya sebesar 72% dan siklus III total keaktifannya sebesar 86%. Pada siklus III penelitian terbilang cukup karena sudah mencapai hasil yang sangat baik. The Purpose of this research is to improve students activity on the subject Akidah Akhlak class of X MIA-II MAN 3 Central of Jakarta using peer teaching method. This Research using classroom action research method with three cycles with one meeting per cycle, each cycle consists of four steps, step of planning, implementation, observation, and reflection step. The target of this research is students class of X MIA-II MAN 3 Central of Jakarta, there is 36 students, consisting 14 Male Students and 22 Female Students. The data obtained in the results of observation with 5 indicators of students learning activeness. The results of research of class X MIA-II MAN 3 Central of Jakarta has increased from cycle I until cycle III.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Amaliyah, M.Pd 2) Ahmad Hakam, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:19
Last Modified: 11 Apr 2022 05:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26307

Actions (login required)

View Item View Item