KIKI SUMBER REJEKI, . (2017) Konsep Pendidik dan Metode Pembelajaran yang Humanis Menurut Ibnu Khaldun (Telaah Kitab Muqaddimah). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan yang ideal adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi secara maksimal dan sesuai dengan fitrahnya sebagai manusia. Dalam pendidikan yang mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan, guru merupakan tokoh sentral terhadap berkembangnya kemampuan dan potensi siswa. Penggunaan metode pembelajaran yang humanis dalam memberikan pengajaran termasuk salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap guru. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan jenis penelitian kualitatif. Penganalisaan data lebih difokuskan pada penelitian kepustakaan (library research), yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas, yaitu berpedoman dari kitab Muqaddimah sebagai referensi primer dan buku-buku lain yang mendukung sebagai referensi sekunder. Hasil penelitian ini adalah mengenai konsep pendidik yang humanis menurut Ibnu Khaldun. Seorang pendidik yang humanis harus mengetahui kesiapan pemahaman siswa (isti’dad), memperhatikan kebiasaan atau budaya (‘adah), menunjukkan sifat kasih sayang dan lemah lembut (al-mulayanah), serta mendorong siswa untuk mencapai pemahaman yang sempurna (malakah). Sedangkan metode pembelajaran yang humanis merupakan cara guru memberikan kebebasan kepada siswa dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan. Metode pembelajaran yang humanis menurut Ibnu Khaldun adalah metode dengan pola gradual (tadrij) dan pengulangan (takrir), metode diskusi (munadzarah) dan metode studi banding (rihlah). Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan baru mengenai pentingnya humanisme dalam pendidikan, yaitu mengedepankan pendekatan humanis dalam pengembangan potensi peserta didik. Ideal education is education that is able to develop the potential to the maximum and accordance with its human nature. In education that prioritizes human values, teachers are central to develop students' abilities and potentials. The use of humanistic learning methods in teaching is one of the things that every teacher needs to pay attention to. The method that the authors use in this study is the method of documentation with the type of qualitative research. Data analysis is more focused on library research, ie by reading, reviewing and reviewing books and literary sources closely related to the issues discussed, which are guided by the book of Muqaddimah as the primary reference and other supporting books as secondary reference. The result of this research is about humanist educator concept according to Ibn Khaldun. A humanist educator must know the readiness of students 'understanding (isti'dad), to pay attention to custom or culture ('adah), to show compassion and gentleness (al-mulayanah), and to encourage students to attain a perfect understanding (malakah). While the method of humanistic learning is the way the teacher gives freedom to students in thinking and acting on accordance with the principles of humanity. The humanistic method of study according to Ibn Khaldun is a method with a gradual pattern (tadrij) and repetition (takrir), method of discussion (munadzarah) and comparative study method (rihlah). From the results of this study is expected to give a new view of the humanism importance in education, namely promoting the humanist approach to develop potential learners.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Khairil Ikhsan Siregar, MA, 2) Dr. Izzatul Mardhiah, MA, |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 05:30 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 05:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26312 |
Actions (login required)
View Item |