ANALISIS KOMPETENSI SOSIAL PADA MAHASISWA CALON GURU DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

TIOLAS MELATI, . (2016) ANALISIS KOMPETENSI SOSIAL PADA MAHASISWA CALON GURU DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ANALISIS KOMPETENSI SOSISAL PADA MAHASISWA CALON GURU DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNJ.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data kompetensi sosial pada mahasiswa calon guru dari program studi kependidikan di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berdasarkan Indikator Kompetensi Sosial Mahasiswa Calon Guru. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan tingkat eksplanasi deskriptif dan dengan data kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa FIS UNJ dari 6 Prodi kependidikan berjumlah 917 mahasiswa. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin, diperoleh 282 sampel. Sedang teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam Program Studi (Prodi) berada pada kategori “Cukup Kompeten” nilai rata-rata 77,09 dari skala 100 . Diurutkan dari tertinggi: Prodi Pendidikan Sosiologi (80,04), Prodi Pendidikan Sejarah (78,47) Prodi Agama Islam memiliki nilai (77, 89), Prodi Pendidikan IPS (76,09) Prodi Pendidikan Geografi (75,77) Prodi PPKn (74,26). Prodi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan tidak memiliki kompetensi sosial yang mencolok. Prodi Pendidikan Sejarah memiliki Kompetensi Sosial Kerjasama yang paling tinggi. Prodi Pendidikan Geografi tidak kompeten dalam Indikator Kemampuan Melayani Masyarakat dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian. Prodi Ilmu Agama Islam adalah prodi yang paling menggambarkan Mahasiswa Calon Guru FIS UNJ. Prodi Pendidikan Sosiologi memiliki kompetensi dalam Kerjasama Dengan Teman namun memiliki tidak kompeten dalam Pengembangan Metode Pendidikan. Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial cukup kompeten dalam setiap indikator Kompetensi Sosial dan tidak memiliki Kompetensi Sosial yang mencolok. Indikator Berkomunikasi dengan Atasan (87,97) merupakan indikator kompetensi tertinggi atau paling mumpuni dari mahasiswa calon guru FIS UNJ. Indikator terendah adalah Kemampuan Melayani Masyarakat(70,66), dimana tidak ada satupun prodi yang mampu mencapai tingkat “Kompeten”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sucahyanto, M.Si ; 2). Ode Sofyan Hardi, S.Pd, M.Si, M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Jan 2020 12:18
Last Modified: 08 Jan 2020 12:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item