MUHAMMAD MUSA SYARIF HIDAYATULLAH, . (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOCs) PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (232kB) |
|
Text
3. BAB 1, 2, 3, 4, 5, & DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
lembar persetujuan.pdf Download (279kB) |
|
Text
5. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (29kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (231kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia berbasis web MOOCs phymod.com pada mata kuliah fisika dasar II dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development menggunakan model ADDIE (Analyze-Design-Development-Implementation-Evaluation). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 orang peserta didik pada program studi pendidikan fisika Universitas Negeri Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli multimedia, lembar validasi ahli pembelajaran, soal pilihan ganda, dan kuesioner peserta didik. Dari hasil validasi ahli diperoleh adalah ahli materi 95,16% dengan kategori sangat baik, ahli multimedia adalah 79,44% kategori baik, dan ahli pembelajaran diperoleh 76,25% dengan kategori baik. Hasil penilaian terhadap keefektifan penggunaan web phymod.com pada materi fisika dasar II diperoleh N-gain adalah 0,71. Hasil nilai N-gain ini termasuk dalam kategori tinggi yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan multimedia berbasis web MOOCs phymod.com pada matakuliah fisika dasar II layak digunakan sebagai multimedia pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. The aims of the study were to develop web-based multimedia MOOCs of phymod.com on basic physics II and to improve learners' achievement. The research method used was research and development using the ADDIE (Analyze-Design-Development-Implementation-Evaluation) model. Subject of this study were 32 students at the physics education program in State University of Jakarta. The research instruments used were expert materials validation sheet, multimedia experts validation sheet, intructional experts validation sheet, multiple choice questions, and learner questionnaire. Expert material validation result shows 95.16% is very good, multimedia expert validation shows 79.44% is good category, and instructional expert validation result shows 76,25% is good category. The result of this research showed the effectiveness of phymod.com web on basic physics II obtained N-gain is 0,71. It was including in high category. So, it showed that there was increasing on students’ achievement. Based on the result of this study, it shows that development of web-based multimedia MOOCs of phymod.com on course basic physics II can be used as a multimedia instruction because it can improve learners' achievement.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Ir. Vina Serevina, MM 2) Dr. Iwan Sugihartono, M.Si |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 05:50 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 05:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26324 |
Actions (login required)
View Item |