Penerapan Disiplin pada Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 90 Jakarta)

LARASATI SEPTARIANI, . (2017) Penerapan Disiplin pada Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 90 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Larasati Septariani.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan siswa SMA Negeri 90 Jakarta dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penerapan dan penanaman kedisiplinan yang dilakukan oleh guru sejarah di SMA Negeri 90 Jakarta dalam pembelajarannya. Penelitian ini difokuskan pada nilai- nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban guna memahami penerapan disiplin yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 90 Jakarta. Penelitian ini dilakukan sejak Juli-September 2016. Dalam mengumpulan data, peneliti menggunakan metode pengamatan non-partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Serta untuk menguji keabsahan data digunakan uji kreadibilitas dengan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan dan penanaman kedisiplinan terjadi di SMA Negeri 90 Jakarta merupakan hasil dari tindakan guru. Guru memulai menerapkan kedisiplinan dengan memberikan contoh dan tindakan disiplin yang dilakukan secara terus-menerus dan berulang sehingga siswa tertanam untuk berperilaku disiplin. Dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan, guru menerapkan pada nilai ketaatan yang terlihat dari sikap kehadiran siswa, dan saat pengumpulan tugas. Guru juga menanamkan nilai kepatuhan melalui keteladanan yang ditiru oleh siswa dengan datang tepat waktu dan pembinaan akhlak mulia oleh guru. Di dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan siswa tersebut, guru juga menerapkan nilai keteraturan meskipun tidak terlihat kedisiplinan siswa dalam persiapan sumber belajar serta nilai ketertiban dilakukan guru dengan ulangan yang dilakukan sesuai jadwal dan memperhatikan penampilan siswa. This research aims to know the discipline of SMA Negeri 90 Jakarta in learning history. This research is motivated their application of discipline conducted by history teacher at SMA Negeri 90 Jakarta in learning. The research focused on the values of obedience, compliance with, regularity and order to understand the application of discipline committed by teachers. This research used qualitative approach with this type of case studies. Subjects in research were students of class X and XI SMA Negeri 90 Jakarta. This research was conducted in July to September, 2016. In collecting data, researchers used a method of non-participant observation, interviews and documentation. Data analysis technique used is the reduction of data, presenting data and draw conclusions. As well as to test the validity of the data used with the kreadibilitas test method of triangulation. Based on the research results showed that the application of discipline occurred in SMA Negeri 90 Jakarta are the result of the actions of teachers. Teachers begin to discipline by giving examples and disciplinary actions are conducted continuously and repeatedly so that the students embedded to behave discipline. In implementing the values of discipline, teachers apply the value of obedience which is looks from the attitude of student attendance, and when collecting assignment. Teachers also apply the value of compliance by example imitated by students to arrived on time and coaching for moral values by the teacher. In implementing the the values of discipline the student, the teacher also apply the value of order although not look the discipline of students in preparation of learning resources as well as the value of the order do teachers with repetition follow the schedule and pay attention to student performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Ratu Husmiati, M.Hum. 2) Drs. Abrar, M.Hum.
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:01
Last Modified: 11 Apr 2022 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26329

Actions (login required)

View Item View Item