MUTIARA GITA ARDI SAPUTRI, . (2016) PENGEMBANGAN BUKU FISIKA MULTI REPRESENTASI UNTUK MATERI OPTIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3215122032_FULLTEXT.pdf Download (24MB) |
Abstract
Telah dikembangkan sebuah buku referensi fisika multi representasi untuk materi Optika dengan pendekatan konstruktivistik. Pengembangan buku ini didasarkan bahwa konsep fisika akan dapat dikuasai melalui multi representasi berupa penjelasan verbal, penyajian gambar, tabel data, grafik, dan persamaan matematis. Buku referensi yang dikembangkan dapat membantu membangun pemahaman konsep, mengatasi miskonsepsi, dan memecahkan permasalahan optika melalui pendekatan konstruktivistik. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan Model Pengembangan Instruksional (MPI). Model ini terdiri atas 9 tahapan yang secara khusus digunakan untuk mendesain pembelajaran modern, dengan langkah sebagai berikut: analisis kebutuhan, pemilihan pendekatan, pengembangan produk, validasi ahli, perbaikan produk, uji lapangan atau kelayakan, produk akhir. Dari hasil uji validasi ahli media (79.25%), ahli pembelajaran (84.87%), dan ahli materi (93.55%), dengan menggunakan instrumen berskala Likert dengan pilihan skor 1-5, dan dari ratarata keseluruhan hasil uji validasi ahli dapat dinyatakan bahwa buku Optika berbasis multi representasi dengan pendekatan konstruktivistik mendapat interpretasi sangat baik (85.89%) dan layak digunakan sebagai buku referensi. We have developed a multi representation physics reference book for Optics with constructivistic approach. The development of this book is based on the concept of physics that would be controlled through multiple representation in the form of verbal description, presentation drawings, data tables, graphs and mathematical equations. The developed reference book can help to build understanding of concepts, overcoming misconceptions, and solve problems of the optics through a constructivist approach. The method used is research and development (R & D) with Instructional Development Model. This model consists of nine steps which is specifically used for designing modern learning, with the following steps: needs analysis, choice of approaches, product development, validation by expert, product improvement, field tests, and the final product. From the results of the validation test media experts (79.25%), learning experts (84.87%), and subject matter experts (93.55%), using a Likert scale instrument with a score of 1-5, and from the overall average of expert validation test results can be expressed that the multiple representation physics reference book for optics with a constructivist approach got a very good interpretation (85.89%) and good to be used as a reference book.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Fauzi Bakri, S.Pd, M.Si 2) Dewi Muliyati, S.Pd, M.Si, M.Sc |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 06:02 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 06:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26330 |
Actions (login required)
View Item |