PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMPN 148 JAKARTA

MUTIARA RAHMADAN, . (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMPN 148 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(3415131020) Mutiara Rahmadan.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)

Abstract

Rendahnya minat membaca siswa di SMPN 148 Jakarta diketahui dari data perpustakaan dalam rentang waktu Juli 2016 - Februari 2017 yang menunjukan bahwa rata-rata jumlah siswa yang mengunjungi perpustakaan untuk melakukan kegiatan membaca sekitar 13 siswa. Rendahnya minat membaca siswa ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan flip Chart terhadap hasil belajar biologi di SMPN 148 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan post-test only control group desain. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan melakukan test hasil belajar pada akhir pembelajaran. Instrument yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 23 soal dengan materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar biologi pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan nilai Sig. (2-tail = 0,009) < α/2 (0,025). Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan flip Chart berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa. The reading interest of 148 Junior High School student is in the low rate. It is known from 148 Junior High School library reports in July to August 2017 reports which shows only around 13 students that visited the library to read. This case makes the students score on natural science subject is also decrease. Because of that, a learning model that can improve the student learning outcomes, especially in natural science subject is needed. The aims of this study is to determine the effect of CIRC model using flip chart on the natural science learning outcomes of 148 Junior High School students. This study was being held on second semester, 2016/2017 school year. The sampel of this research is 66 students on 7th grade in 148 Junior High School. The research using quasi experimental method with post test only control design. The outcome learning data was taking by post test in the end of class. Instruments that using for post test is 23 multiple choice questions about Interaction of Living Beings with the Environment. The result of this study shows that the average of students natural science subject score on experimental class is higher than control class. Then, significant score (2-tail = 0.009) < α/2 (0.025). It proves that CIRC using flip chart learning model implementation gives significantly effect to the student’ natural science learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si 2) Dra. Ratna Dewi Wulaningsih., M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:06
Last Modified: 11 Apr 2022 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26333

Actions (login required)

View Item View Item