MAR IKA NURUL JANAH, . (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
MAR IKA NURUL JANAH_1815130329.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang keterampilan menyimak cerita anak melalui penggunaan multimedia microsoft powerpoint pada siswa Kelas V SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat. Model penelitian yang digunakan adalah Stephen Kemmis dan Mc. Taggart yang dimodifikasi oleh Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan penelitian berdasarkan pada model tersebut adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan selama tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia microsoft powerpoint dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat. Pada siklus I sebanyak 30 siswa mendapat nilai ≥68 dengan ketuntasan belajar sebesar 73%. Pada siklus II sejumlah 41 siswa memperoleh nilai ≥68 dengan ketuntasan belajar sebanyak 100%. Akivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 86% dan aktivitas siswa mencapai 84%. Pada siklus II aktivitas guru mencapai 98% dan aktivitas siswa mencapai 96%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia microsoft powerpoint dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak. The purpose of this classroom action research to obtain data about of children’s story listening skill through microsoft powerpoint in 5th grade of SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta. The Stephen Kemmis and Mc. Taggart model that was modified by Suharsimi Arikunto is used as an action model. Based on that model, the steps of the research are planning, acting, observing, and reflecting. The research has been done within two parts and every part has been researched for three meetings. The result of the research shows that through microsoft powerpoint mulltimedia could increase of children’s story listening skill in 5th grade of SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta. In first cyle, 30 students got score more than 68 through the exhaustiveness learning by 73%. In second cyle, 41 students got score more than 68 through the exhaustiveness learning attained 100%. Teacher activity during learning process in first cyle achieved to 86% and students increased to 84%. In second cyle, teacher activity increased 98% and students activity increased 96%. Therefore, we can conclude that through microsoft powerpoint multimedia could increase of children’s story listening skill.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. 2). Drs. Adi Putra, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 06:32 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 06:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26342 |
Actions (login required)
View Item |