PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK SISWA KELAS V SDN JATI 03 PAGI PULO ASEM UTARA JAKARTA TIMUR

MARCIANA MARTINS MONIS, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK SISWA KELAS V SDN JATI 03 PAGI PULO ASEM UTARA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR ISI fix.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR,GRAFIK,TABEL.pdf

Download (176kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SELLY.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (19kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V dalam pembelajaran dengan menggunakan metode debat aktif. Penelitian tindakan ini dilakukan di SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Jakarta Timur, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 35 orang pada semester 1 pada tahun ajaran 2016-2017. Metode penelitan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan pengamatan, serta tahap refleksi, sebagai acuan untuk membuat perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus berupa tingkat keberhasilan yang diperoleh siswa dalam nilai rata-rata kelas dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari hasil belajar IPS. Pada siklus I rata-rata nilai siswa hanya 42,48% dengan KKM 70% atau belum memenuhi target, serta persentasi pencapaian hasil pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,22%, dan pemantauan tindakan siswa sebesar 70%. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan hasil belaajr IPS yang diperoleh siswa 82,85% dengan KKM 80% sedangkan persentase pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus II sebesar 94,44%, dan pemantauan tindakan siswa sebesar 90% melalui metode pembelajaran debat aktif kemampuan hasil belajar IPS dapat meningkat. Kesimpulan yang didapat dari metode pembelajaran debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Jakarta Timur. This classroom action research was aimed to increase the learning outcomes of social studies for fifth graders of primary schools using the method of active debate. This action research was conducted at SDN 03 Pagi Jati Pulo Asem East Jakarta where the research subject waa fifth graders that consist of 35 students in the first semester of academic year of 2016/2017. The research method used was Kemmis’ and Mc. Taggart’s classroom action research that was done in two cycles. Each cycle consists of planning and implementation phases of observation, as well as the phase of reflection, as a reference to create a re-planning in the next cycle. The results obtained in each cycle of the success level obtained by the students in the class average score and a minimum completeness criteria (KKM) of the results of social studies. In the first cycle, the students’ average score reached only 42.48% while the minimum completeness criteria 70%. This means that the result was still beyond the target. Besides, the achievement result of teacher’s activity action monitoring in the first cycle achieved 72.22% and the students' action monitoring reached 70%. In the second cycle, the average score of social studies learning ability reached 82.85% where the minimum completeness criterion is 80%. The research also shows that teacher’s activity action monitoring in the second cycle achieved 94.44% whille the students' action monitoring reached 90%. Hence, the writer concludes that the learning outcomes of social studies for fifth graders of primary schools can be enhanced using the active debate method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd. 2). Dr. Ika Lestari,S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:37
Last Modified: 11 Apr 2022 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26344

Actions (login required)

View Item View Item