EVALUASI PROGRAM TEACHERS TRAINING PADA LEMBAGA LONDON SCHOOL CENTRE FOR AUTISM AWARENESS JAKARTA

LITO OCTARIS, . (2017) EVALUASI PROGRAM TEACHERS TRAINING PADA LEMBAGA LONDON SCHOOL CENTRE FOR AUTISM AWARENESS JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LITO OCTARIS - EVALUASI PROGRAM TEACHERS TRAINING PADA LEMBAGA LONDON SCHOOL CENTRE FOR AUTISM AWARENESS JAKARTA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Teacher’s Training menggunakan perspektif evaluasi program Reidar Dale. LSCAA selaku lembaga yang merencanakan serta menjalankan program memiliki materi yang berbeda di setiap kegiatannya. Pada awalnya program ini bertujuan untuk membekali pengajar – pengajar sekolah dasar dalam program pemerintah yaitu sekolah inklusi yang sudah diterapkan. Adanya penelitian inipun bertujuan keefektifitasan program serta manfaat yang ada pasca dilakukannya program Teacher’s Training. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan subjek penelitian, yaitu staff lembaga LSCAA, Kepala bagian yang berada di LSCAA, serta Pengajar yang mengajar di SDN Slipi 18 Pagi. Pengumpulan data penelitian ini melalui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, dan studi pustaka lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini menjelaskan bagaimana program Teachers Training dianalisis dengan perspektif evaluasi program Reidar Dale yang memiliki enam poin yaitu. Relevansi, efektivitas, dampak, efisiensi, keberlanjutan, dan replikabilitas. Berdasarkan temuan penelitian, relevansi program ini adalah kepada kebutuhan guru dalam menghadapi ABK di dalam kelas. Efektivitas program ini dapat dikatakan berhasil karena berdasarkan tujuan program, program ini dapat membekali guru – guru Sekolah dasar inklusi. Dampak diadakannya program ini adalah dikatakan bahwa berhasil karena dapat mengubah guru tersebut. Efisiensi program ini adalah dilihat dari hemat waktu biaya dan tenaga, ketiga aspek tersebut telah berhasil. keberlanjutan program in adalah program ini terus berkalnjutan sampai sekarang dari sejak berdirinya LSCAA pada tahun 2008. replikabilitas program ini adalah mempunyai dua lembaga yang mempunyai kesamaan program. secara keseluruhan program Teacher’s Training dapat dikategorikan memuaskan, karena temuan penelitian menunjukkan bahwa program tersebut memiliki tingkat relevansi, efektifitas, dampak, efisiensi, keberlanjutan dan replikabilitas yang cukup baik. This research purpose is analyzing Teachers Training Program by using Reidar Dale Program Evaluate Perspective. LSCAA as a program planner that has different material in each event. This main purpose of this program is want to make teachers can face the special needs students in class. The existence of this research also want to see how effective the program and the perks of the teachers can get. were collected by literature study, internet, and the libdrary. This This research using descriptive method with qualitative approach. Data were collected through observe, documentation, and interview with the subject, which is LSCAA’s staff, and the Slipi 18 Pagi Elementary School. Data collected by two separate ways, primary data and secondary data. Primary data were collected by interview and observe. However, secondary data resesearch explain how Teachers Training is evaluated by Reidar Dale Program Evaluation Perspective that has six point. That is Relevance, Effectiveness, Impact, Efficiency, Sustainibility, and replicability. Based on data, relevance of this program is how teachers face special needs students in the class. The effectiveness of this program can be said is accomplished based on program purposes, this program can make the teachers taught the special needs students. The impact of this program is can be said accomplished too because it changed the teachers personality. Efficiency of this program is can be seen by three aspect, time, cost and effort. Those three aspect are did as well. This program has sustainibilty since 2008. This program replicabilty has two similarity with the others stakeholders who did the same concepts. After all, this program did the job well. Because, based on research data showing that program has the six perspective on the good level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ubedillah Badrun, M.Si 2) Syaifudin, M.Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:52
Last Modified: 11 Apr 2022 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26348

Actions (login required)

View Item View Item