HASIL BELAJAR IPS SISWA PENERIMA KARTU JAKARTA PINTAR SMP NEGERI 14 JAKARTA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII Semester Pertama)

LUCY SANTA KATARINA, . (2017) HASIL BELAJAR IPS SISWA PENERIMA KARTU JAKARTA PINTAR SMP NEGERI 14 JAKARTA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII Semester Pertama). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lucy Santa Katarina-1.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII Penerima Kartu Jakarta Pintar di SMP Negeri 14 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Observasi dilakukan dengan cara melihat, mengamati dan mencatat proses pembelajaran IPS di dalam kelas. Wawancara dilakukan terhadap guru IPS, koordinator TU dan siswa penerima Kartu Jakarta Pintar di SMP Negeri 14 Jakarta. Dokumentasi dilakukan dengan cara mengambil gambar berupa foto yang berkaitan dengan penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS yang rendah pada siswa yang menerima Kartu Jakarta Pintar disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalahpenerimaan bantuan KJP sudah tepat sasaran di SMP Negeri 14 Jakarta dan hasil belajar IPS yang didapat oleh siswa penerima Kartu Jakarta Pintar cukup rendah. Guru menjadi fasilitator yang baik tetapi perannya sangat terbatas dalam mendidik anak di sekolah. Orang tua acuh tak acuh terhadap pendidikan anaknya. Siswa tidak memiliki ketertarikan, minat dan motivasi dalam belajar khususnya pada mata pelajaran IPS. Ketidaktertarikan siswa dalam belajar khususnya mata pelajaran IPS membuat hasil belajar IPSnya menjadi rendah. This study aims to analyze the learning outcomes of IPS In Grade VIII Students of Smart Jakarta Card Receiver at SMP Negeri 14 Jakarta. The method used in this research is qualitative method. Source of data comes from primary and secondary data. Technique of data collecting done through observation, interview, and documentation. Observation is done by looking at, observing and recording IPS learning process in the classroom. Interviews were conducted on IPS teachers, TU coordinators and students of Jakarta Smart Card recipients at SMP Negeri 14 Jakarta. Documentation is done by taking pictures in the form of photos related to the research. The results of this study indicate that the low IPS learning outcomes in students who received the Smart Jakarta Card is caused by two factors: internal factors and external factors. The conclusion of the results of this study is the acceptance of KJP assistance has been Targeted at SMP Negeri 14 Jakarta and the result of IPS learning obtained by the students who received the card Jakarta Pintar is quite low. Teachers become good facilitators but their role is very limited in educating children in school. Parents are indifferent to their children's education. Students do not have interest, interest and motivation in learning especially on social studies subjects. Students' disinterest in learning especially IPS subjects make the learning outcomes of IPS become low.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eko Siswono, M.Si, 2) Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:00
Last Modified: 11 Apr 2022 07:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26353

Actions (login required)

View Item View Item