PENGARUH PENDIDIKAN KONSERVASI ROTAN TERHADAP SIKAP DAN PENGETAHUAN SISWA SMA DI DESA SENYIUR, KALIMANTAN TIMUR

NI WAYAN EVASARI PUTRI, . (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KONSERVASI ROTAN TERHADAP SIKAP DAN PENGETAHUAN SISWA SMA DI DESA SENYIUR, KALIMANTAN TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415120261_Ni Wayan Evasari Putri.pdf

Download (11MB)

Abstract

Rotan merupakan salah satu Sumber Daya Alam Hayati yang dimiliki oleh Indonesia dengan nilai ekonomi serta keberagaman jenis yang tinggi. Sumberdaya rotan sangat terancam kepunahan karena menurunnya luasan hutan alami, serta adanya overeksploitasi secara legal maupun illegal. Pendidikan Konservasi Rotan penting diadakan untuk mencegah penurunan populasi rotan di kawasan konservasi PT.REA (Rubber Estate Agency) dengan cara melibatkan masyarakat mengambil bagian dalam menjaga hutan konservasi, serta melaksanakan kegiatan konservasi dengan harapan untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan Pendidikan Konservasi Rotan terhadap sikap dan pengetahuan siswa SMA di Desa Senyiur, Kalimantan Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pembangunan dan SMAN 1 Muara Ancalong pada bulan OktoberNovember 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasieksperimen dengan Pre-test Post-test Control Group Design. Sampel penelitian yang digunakan adalah 40 siswa pada SMA Pembangunan dan SMAN 1 Muara Ancalong sebagai kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket sikap siswa terhadap tumbuhan rotan dan soal tes pengetahuan siswa terhadap tumbuhan rotan. Uji prasyarat analisis menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Ditemukan kenaikan skor sikap sebesar 7,52 dan 5,23 serta skor pengetahuan sebesar 22,38 dan 9,28 masing-masing untuk kelas eksperimen dan kontrol. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-Z menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan kegiatan Pendidikan Konservasi Rotan terhadap sikap dan pengetahuan siswa SMA di Desa Senyiur, Kalimantan Timur. Rattan is one of Natural Resources owned by Indonesia with high economic value as well as its species diversity. Rattan resources highly endangered due to deforestation also overexploitation because of their economic value. Conservation education about Rattan is important to prevent rattan population decline in PT.REA conservation areas also to involve communities in maintaining forest conservation, and implementing conservation activities with creating prosperity for community. The purpose of this study was to determine the effect of Rattan Conservation Education activities on High School students’ attitudes and knowledge in Senyiur Village, East Kalimantan. The research was conducted at SMA Pembangunan and SMAN 1 Muara Ancalong from October to November 2016. The research method was quasi-experimental with Pre-test Posttest Control Group Design. Sample used in this study are 40 students in SMA Pembangunan and SMAN 1 Muara Ancalong as the control group. The instrument used was questionnaire of students’ attitudes to rattan and test for students' knowledge of rattan. Prerequisite test analysis showed normal distribution and homogeneous data. Score rises by 7.52 and 5.23 for attitude and 22.38 and 9.28 for knowledge, respectively for experiment and control classes. Hypothesis tested using Z-test shown that there are significant effect of Rattan Conservation Education on High School Students’ attitudes and knowledge of rattan plants in Senyiur Village, East Kalimantan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Ratna Dewi, M.Si 2) Agung Sedayu, S.Si, M.Sc
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:01
Last Modified: 11 Apr 2022 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26356

Actions (login required)

View Item View Item