STUDI TERHADAP PENGELOLAAN KONVEKSI PADA SENTRA INDUSTRI KONVEKSI DI KELURAHAN CIPADU JAYA KECAMATAN LARANGAN KOTA TANGERANG

LUHUNG PRIAMBODO, . (2017) STUDI TERHADAP PENGELOLAAN KONVEKSI PADA SENTRA INDUSTRI KONVEKSI DI KELURAHAN CIPADU JAYA KECAMATAN LARANGAN KOTA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
STUDI TERHADAP PENGELOLAAN KONVEKSI PADA SENTRA INDUSTRI KONVEKSI DI KELURAHAN CIPADU JAYA KECAMA.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sentra industri konveksi yang dilakukan oleh para pengusaha konveksi di Kelurahan Cipadu Jaya, Kecamatan Larangan, Kota Tanggerang, Provinsi Banten. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juni 2016 hingga Januari 2017. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha konveksi di Kelurahan Cipadu Jaya, Kecamatan Larangan, Kota Tanggerang, Provinsi Banten berjumlah 112 pengusaha, kemudian setelah dihitung menggunakan rumus slovin di dapat sampel berjumlah 53 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner bersifat tertutup yang terdiri dari 45 pertanyaan mengenai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap perencanaan para pengusaha konveksi telah melakukan perencanaan dengan baik yaitu merencanakan penggunaan modal untuk pembelian bahan, alat-alat produksi, dan mempekerjakan tenaga kerja. Pada tahap pengorganisasian para pengusaha mengelola sendiri usaha tersebut, keuntungan yang diterima disimpan lalu dipergunakan kelak untuk mengembangkan usaha. Pada tahap pelaksanaan para pengusaha konveksi melakukan produksi tiap minggunya menghasilkan > 1000 produk/item. Para tenaga kerja bekerja 12 jam/hari dengan upah berkisar > Rp 750.000/minggu. Para pengusaha dalam melakukan produksi didasarkan pada pesanan konsumen dan ide kreatif para pengusaha. Para pengusaha konveksi mayoritas menggunakan teknik pemasaran dari mulut ke mulut dan menggunakan iklan melalui media sosial. Dalam tahap pengawasan para pengusaha konveksi melakukan pengawasan produksi setiap harinya, luas cakupan pemasaran para pengusaha konveksi sudah mencapai antar provinsi. Para pengusaha konveksi lebih mengutamakan hasil jahitan dan jenis bahan yang berkualitas untuk dapat menarik minat konsumen, harga yang diberikan disesuaikan dengan kualitas produk yang ditawarkan. Rata-rata para pengusaha telah memiliki 6 – 10 pelanggan tetap. Disaat produksi para pengusaha konveksi sedang turun mereka lebih memprioritaskan untuk membenahi manajemen usahanya daripada mengurangi jumlah tenaga kerja. Sebagian besar para pengusaha konveksi belum mendapatkan keluhan dari konsumen dikarenakan hasil jahitan dan bahan bagus serta harga yang diberikan tidak mahal. This study aims to determine the management of industrial centers convection undertaken by entrepreneurs convection in the Village Cipadu Jaya, District Larangan, Tangerang City, Banten Province. The research was conducted in June 2016 to January 2017. The method used is descriptive method with survey approach. The population in this study is a businessman convection in the Village Cipadu Jaya, District Larangan, Tangerang City, Banten Province amounted to 112 entrepreneurs, then once calculated using the formula can slovin in the total sample of 53 respondents. The sampling technique using random sampling. Data collection techniques used are closed questionnaire consisting of 45 questions about the planning, organizing, actuating, and controling. The results showed that at the planning stage entrepreneurs convection has done well planning is planning the use of capital for the purchase of materials, means of production, and hiring labor. At this stage of the organization of employers to manage their own businesses, the benefit received is stored and used later to develop the business. During the implementation phase convection entrepreneurs do every week production yield> 1000 products / items. The workers work 12 hours / day with wages ranging from > Rp 750,000 / week. The employers, in the production based on customer orders and creative entrepreneurs. The majority of employers convection using the technique of mouth marketing and advertising through the use of social media. In the monitoring stage entrepreneurs convection monitoring daily production, extensive marketing coverage entrepreneurs convection has been reached between provinces. The convection entrepreneurs prefer the results stitching quality and type of materials to be able to attract customers, the price is adjusted to the quality of the products offered. On average the entrepreneurs have had 6-10 regulars. While production is down convection entrepreneurs prioritize them to improve their business management rather than reducing the amount of labor. Most entrepreneurs convection has not received complaints from consumers because of good results stitching and materials and the price given is not expensive.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Warnadi, M.Si 2) Dra. Dwi Sukanti L., M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:08
Last Modified: 11 Apr 2022 07:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26360

Actions (login required)

View Item View Item