PERILAKU BULLYING TERHADAP TOKOH UTAMA PENYANDANG TUNARUNGU DALAM NOVEL AYAH, MENGAPA AKU BERBEDA? KARYA AGNES DAVONAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

A U L I A, . (2015) PERILAKU BULLYING TERHADAP TOKOH UTAMA PENYANDANG TUNARUNGU DALAM NOVEL AYAH, MENGAPA AKU BERBEDA? KARYA AGNES DAVONAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AULIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku bullying terhadap tokoh utama penyandang tunarungu yaitu Angel dalam novel Ayah, Mengapa aku Berbeda? karya Agnes Davonar. Bentuk perilaku bullying tersebut terdiri atas bullying verbal, bullying fisik, dan bullying relasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini dilakukan di Jakarta sejak bulan Januari hingga Juni 2015. Fokus penelitian ini ialah perilaku bullying terhadap tokoh utama penyandang tunarungu dalam novel Ayah, Mengapa aku Berbeda? karya Agnes Davonar dengan subfokus penelitian meliputi bentuk-bentuk perilaku bullying terhadap tokoh utama penyandang tunarungu yang berupa bullying verbal, bullying fisik, dan bullying relasional. Adapun instrumen penelitian ini ialah peneliti sendiri dibantu dengan tabel analisis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Ayah, Mengapa aku Berbeda? karya Agnes Davonar, didapatkan hasil bentuk perilaku bullying yang paling dominan terhadap tokoh utama ialah bullying verbal. Setelah itu, bentuk perilaku bullying dominan kedua ialah bullying relasional. Bentuk perilaku bullying yang terakhir adalah bullying fisik yang cenderung lebih sedikit dibandingkan bullying verbal dan relasional. Bentuk perilaku bullying yang kerap diterima tokoh utama menimbulkan dampak psikologis pada diri tokoh tersebut. Dampak yang paling dominan berupa kesedihan, ketakutan dan penderitaan batin yang membuat dirinya tertekan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irsyad Ridho, M.Hum ; 2). Dr. Saifur Rohman, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:53
Last Modified: 12 Apr 2022 05:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26362

Actions (login required)

View Item View Item