PENGARUH ALIRAN STRUKTURALISME TERHADAP NILAI QOWAID BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL WATHONIYAH 17 JAKARTA TIMUR

AHMAD KAMALLUDIN, . (2015) PENGARUH ALIRAN STRUKTURALISME TERHADAP NILAI QOWAID BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL WATHONIYAH 17 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ahmad Kamalludin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Wathoniyah 17 Jakarta, pada tahun ajaran 2014-2015, yang dimulai dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2015 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh “Pengaruh Aliran Strukturalisme Terhadap Nilai Pembelajaran Qowaid Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Wathoniyah 17 Jakarta.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas 7 MTs Al Wathoniyah 17 Jakarta dan Sampelnya adalah siswa kelas 7 sebanyak 50 siswa terdiri dari 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan Sample dilakukan dengan cara simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0,05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh (Lhitung) Lo0,154 dan pada kelas Kontrol diperoleh (Lhitung) Lo 0,155 sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,173 (n = 25, taraf signifikansi 5%) dan pada kelas kontrol diperoleh 0,173 (n = 25, taraf signifikansi 5%) karena kedua (Lhitung) Lo <Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel data berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett.Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung < χ²tabel atau 0,140< 3,841artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung = 7,077. Dengan dk 48 dan ttabel = 1,684 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 7,077 > ttabel = 1,684jadi H1diterima.Maka, terdapat pengaruh penggunaan Aliran Strukturalisme Terhadap Nilai Pembelajaran Qowaid Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Wathoniyah 17 Jakarta. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakanAliran Strukturalisme lebih tinggi hasil belajar qowaid bahasa arabnya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode perbandingan. Dengan penggunaan aliran strukturalisme siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa Arab khususnya pembelajaran qowaid bahasa arab dan mereka lebih mudah menerimanya. Guru disarankan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran qowaid bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aceng Rahmad M.Pd ; 2). Ahmad Murodi M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:25
Last Modified: 12 Apr 2022 06:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26365

Actions (login required)

View Item View Item