PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR RANAH AFEKTIF, KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT

NISA ULFARIANI, . (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR RANAH AFEKTIF, KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS-NisaUlfariani-3236149204.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik materi Elastisitas Zat Padat. Instrumen ini digunakan oleh guru untuk menilai hasil belajar siswa pada ranah Afektif, kognitif, dan psikomotorik khusus materi Elastisitas Zat Padat. Penelitian ini menerapkan metode penelitian pengembangan yang dirumuskan oleh Borg and Gall. Terdapat 10 tahap yang digunakan pada model ini yaitu; (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan , (3) pengembangan bentuk produk pendahuluan, (4) uji coba pendahuluan, (5) revisi terhadap produk utama, (6) uji coba utama, (7) revisi produk operasional, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, (10) disseminasi dan distribusi. Instrumen penilaian ini dilengkapi dengan kisi-kisi, petunjuk penggunaan, lembar observasi, dan pedoman penskoran. Hasil uji kelayakan oleh ahli instrumen adalah 89% untuk ranah afektif, 92,5% ranah kognitif, dan 92% ranah psikomotorik dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil uji kelayakan oleh guru adalah 88,67% untuk ranah afektif, 83,47% untuk ranah ranah kognitif dan 85,14% ranah psikomotorik dengan interpretasi “sangat baik”. Berdasarkan validasi ahli dan uji kelayakan guru dapat disimpulkan instrumen penilaian hasil belajar ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik materi Elastisitas Zat Padat ini layak digunakan dalam pembelajaran fisika. This research aims to develop assessment instruments of affective, cognitive and psychomotor for Solid Elasticity matter. These instruments are used by teachers to assess student achievements on affective, cognitive and psychomotor domains especially in Solid Elasticity matter. The applied research method was Research and Development model from Borg and Gall. This model consists with 10 steps; (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, (10) dissemination and distribution. These instruments are equipped with material instruments, procedural instructions, observation sheets, and scoring guidelines. The results of feasibility study by instrumental experts are 89% for affective, 92.5% for cognitive, and 92% for psychomotor domains with excellent interpretation. The results of feasibility study by the teachers are 88.67% for the affective domain, 83.47% for cognitive domain and 85.14% psychomotor domain with excellent interpretation. Based on both validations, these assessment instruments of affective, cognitive and psychomotor for Solid Elasticity Matter can be applied in physics learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Desnita, M.Si 2) Dr. Esmar Budi, M.T
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Apr 2022 08:18
Last Modified: 12 Apr 2022 08:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26369

Actions (login required)

View Item View Item