PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR ONLINE MENGGUNAKAN WORDPRESS UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X

NITA LESTARI, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR ONLINE MENGGUNAKAN WORDPRESS UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215120219-NITA LESTARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar online menggunakan wordpress sebagai penunjang pembelajaran fisika SMA pada materi gerak lurus. Media belajar online merupakan media pembelajaran berbasis web yang menghubungkan antara guru dan siswa tanpa terbatas ruang dan waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) yang dirancang oleh Walter Dick and Lou Carey dengan sepuluh tahapan pengembangan. Media belajar online ini sudah melalui tahap evaluasi formatif yaitu uji validasi oleh ahli materi dan ahli media dengan menggunakan instrument berskala likerts 5. Berdasarkan uji validasi didapatkan hasil, ahli materi 86,52% dengan interpretasi “sangat baik” dan ahli media 81,04% dengan interpretasi “sangat baik”. Setelah dilakukan revisi, media belajar online ini dilakukan uji lapangan oleh lima guru fisika yang mendapatkan hasil 98,4% dengan interpretasi “sangat baik” dan 40 siswa mendapatkan hasil 83,52% dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil dari penelitian ini berupa media belajar online menggunakan wordpress untuk materi gerak lurus dinyatakan layak sebagai penunjang pembelajaran fisika SMA. This research aims to develop online learning media using WordPress as learning supporter of linear motion physics for senior high school of. An online learning media is web based learning media that connecting between the teachers and the students without limited by space and time. Type of the research that be used is development research method (research and development) designing by Walter Dick and Lou Carey with ten development stages. This online learning media has been passed a formative evaluation step that is validation by the subject matter experts and media experts, using likerts 5 instrument scale. Based on validation results, subject matter experts is 86.52% with “very good” interpretation and media expert is 81.04% with “very good” interpretation. After revising, this online learning media do a field tested by five physics teachers get result 98.4% with “very good” interpretation and 40 students get result 83.52% with “very good” interpretation. Result from this research is online learning media using wordpress for linear motion was qualified as learning support of physics learning for senior high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Vina Serevina, M. M 2) Dewi Muliyati, S. Pd, M. Si, M. Sc
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Apr 2022 08:35
Last Modified: 12 Apr 2022 08:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26371

Actions (login required)

View Item View Item