PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA LECTORA INSPIRE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

NOPJA ATNI RADJLIN, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA LECTORA INSPIRE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Nopja Atni Radjlin - 3315122121 - Skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis pendekatan saintifik pada materi larutan dan hasil kali kelarutan kelas XI. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Februari-Mei 2016 di SMA Negeri 59 Jakarta dan MAN 1 Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi oleh para ahli, dan uji coba kepada siswa serta guru. Media Lectora Inspire yang dikembangkan yang diuji kelayakannya oleh para ahli, mempunyai nilai r sebesar 0,91 – 0,96 yang diartikan bahwa kesesuaian antar penilai dalam menilai kualitas media sudah baik. Selain itu , diperoleh presentase hasil uji coba media kepada siswa dan guru untuk tiap indikatornya sebesar 78,7 – 91,6%, yang menandakan bahwa tiap indikator telah tercapai dengan baik. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire berbasis Pendekatan saintifik yang dikembangkan dikatakan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. This study aims to develop chemistry learning media based scientific approach to the material solution and solubility product class XI. This study was conducted from February-May 2016 at SMAN 59 Jakarta and MAN 1 Bekasi. The method used is research and development (Research and Development). Steps being taken in this research needs analysis, product development, validation by experts, and testing to students and teachers. Media Lectora Inspire developed were tested for feasibility by the experts, has the r value of 0.91 to 0.96 which means that the conformity between valuer to assess media quality is good. In addition, the percentage of the test results obtained by the media to the students and teachers for each indicator by 78.7 to 91.6%, indicating that each indicator has been reached with the good. The results of this study indicate that the development of media-based learning Lectora Inspire developed scientific approach is said to be good and fit for use in chemistry learning solubility and solubility product material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ucu Cahyana, M.Si 2) Dr. Maria Paristiowati, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Apr 2022 08:56
Last Modified: 12 Apr 2022 08:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26375

Actions (login required)

View Item View Item