HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LINGKUNGAN

NUR AISYAH RAHMAWATI, . (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NUR AISYAH RAHMAWATI_3415131021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK (NUR AISYAH RAHMAWATI - 3415131021).pdf

Download (196kB)

Abstract

Kemampuan berpikir analisis adalah kemampuan berpikir secara keseluruhan, cara cerdas untuk menyelesaikan masalah, analisis data, dan mengkonfirmasi informasi. Motivasi sebagai daya penggerak siswa untuk belajar. Motivasi belajar biologi memiliki peran dalam perkembangan kemampuan berpikir analisis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar biologi dengan kemampuan berpikir analisis siswa dalam memecahkan masalah lingkungan. Penelitian dilaksanakan di SMAN Negeri 55 Jakarta pada bulan Mei tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan teknik survei. Sampel penelitian ini berjumlah 85 siswa kelas X MIPA diambil berdasarkan simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata motivasi belajar biologi adalah 189,45 dan skor rata-rata kemampuan berpikir analisis adalah 59,20. Hasil uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji regresi dan linieritas diperoleh model regresi sederhana Ŷ = 2,013 + 0,301X. Hasil perhitungan koefisien korelasi menggunakan Pearson Product Moment diperoleh hasil 0,936 dan koefisien determinasi sebesar 0,876 sehingga besarnya kontribusi motivasi belajar biologi terhadap kemampuan berpikir analisis siswa sebesar 87,61%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara motivasi belajar biologi dengan kemampuan berpikir analisis siswa dalam memecahkan masalah lingkungan. Analytical thinking ability is the ability to think as a whole, intelligent way to solve problems, analyze data, and confirm information. Motivation as the driving force of students to learn. Learning motivation of biology has a role in the development of students' thinking ability analysis. The purpose of this research is to determine the corellation between learning motivation of biology and analytical thinking ability in environmental problem solving. The research was conducted at SMAN 55 Jakarta in May of 2017. The sample of this research were 85 students of class X sciences by simple random sampling. Based on the result of the average score of learning motivation of biology was 189,45 and the average score of analytical thinking ability was 59,20. The result of prerequisite test, the data were normally distributed and homogeneous. The result of regression and linearity obtained a simpel regression model Ŷ = 2,013 + 0,301X. The result of correlation coefficient using Pearson Product Moment was 0,936 and the coefficient determination was 0,861 so the contribution learning motivation of biology to analytical thinking ability as much as 87,61%. Based on data analysis can be conclude, there is a positive relationship between learning motivation of biology and analytical thinking ability in environmental problem solving.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Eka Putri Azrai, S.Pd, M,Si 2) Erna Heryanti, S.Hut, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:20
Last Modified: 13 Apr 2022 01:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26387

Actions (login required)

View Item View Item