Vina Ramadhani, . (2016) MAKNA DAN ASPIRASI PENDIDIKAN KELUARGA MISKIN (Studi Kasus: Empat Keluarga Miskin di Kampung Leuwi Malang RW 04-Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I - BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Cover.pdf Download (15kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (437kB) |
|
Text
Documentasi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pedoman Wawancara FIX.pdf Download (353kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.pdf Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pembentukan makna dan aspirasi pendidikan pada 4 keluarga miskin di Kampung Leuwi Malang, Bekasi. Selain itu, penelitian ini juga untuk memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi aspirasi pendidikan bagi 4 keluarga miskin di Kampung Leuwi Malang RW 04. Pembetukan makna di sini secara singkatnya dipengaruhi oleh lingkungan sosial 4 keluarga miskin tersebut yang masing-masing memiliki lingkungan sosial yang berbeda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode studi kasus. Peneliti memperoleh data melalui observasi, wawancara dan studi literatur. Peneliti melakukan observasi ke lapangan dan melakukan wawancara kepada 4 informan kunci yang terdiri dari 4 kepala keluarga yang berbeda. Selain itu, peneliti juga mewawancarai informan pendukung sebanyak 4 informan yang berstatus sebagai anak dari masing-masing keluarga tersebut guna melengkapi data yang peneliti peroleh. Hasil riset ini menunjukkan bahwa pada 4 keluarga miskin di Kampung Leuwi Malang terdapat perbedaan makna dan aspirasi terhadap pendidikan. Keluarga miskin yang memaknai pendidikan sebagai hal yang penting sebanyak 2 keluarga, sedangkan 2 keluarga lainnya memaknai pendidikan bukan hal yang penting. Berdasarkan data tersebut, peneliti mengaitkan dengan teori pembentukan makna pada 3 ranah yakni Mind, Self dan Society dari Herbert Mead. Peneliti mengidentifikasikan adanya perbedaan pemaknaan terhadap pendidikan dari 4 keluarga miskin tersebut disebabkan oleh pengaruh lingkungan sosial dari masing-masing keluarga dan lingkungan pekerjaan. Pemaknaan terhadap pendidikan juga akan mempengaruhi aspirasi 4 keluarga tersebut terhadap pendidikan. Aspirasi ini secara singkatnya mencerminkan keinginan dan harapan terhadap pendidikan. Berdasarkan data yang penulis peroleh, apsirasi positif dan realistis terdapat pada diri Wisnu dan Endoh, sebaliknya aspirasi negatif dan tidak realistis terdapat pada diri Iwan dan Soleh. Perbedaan aspirasi pendidikan dari 4 keluarga miskin tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu tingkat intelegensi, kompetisi, pengalaman masa lalu, ambisi orang tua, dorongan keluarga dan harapan sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Rosita Adiani, MA. ; 2). Achmad Siswanto, M. Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 15:02 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 15:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2639 |
Actions (login required)
View Item |