MAULIDA ULFAH, . (2017) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN KEBON BAWANG 05 PAGI JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan model cooperative learning tipe CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada siswa kelas IV di SDN Kebon Bawang 05 Pagi Jakarta Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebon Bawang 05 Pagi Jakarta Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantau tindakan, catatan lapangan, dan tes evaluasi, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses pembelajaran. Hasil kemampuan membaca pemahaman yang diperoleh pada siklus I adalah 62,5%, dan siklus II adalah 92,5%. Adapun presentase rata-rata data pemantau tindakan siklus I adalah presntase aktivitas guru sebesar 75,5% dan aktivitas siswa sebesar 68,9%. Presentase rata-rata data pemantau tindakan siklus II adalah presentase aktivitas guru sebesar 97,7% dan presentase aktivitas siswa sebesar 93,3%. Dengan demikian pembelajaran dengan model cooperative learning tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui model cooperative learning tipe CIRC dalam pembelajaran dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kebon Bawang 05 Pagi Jakarta Utara. The Purpose of this study was to analyze the used model cooperative learning type CIRC to improvment reading comprehension for fourth grade students at SDN Kebon Bawang 05 Pagi North Jakarta.The research was conducted at SDN Kebon Bawang 05 Pagi North Jakarta. The subjects were students of class IV in the second semester of the school year 2015/2016, amounting to 40 peoples. The research method was classroom action research using the model cycle of Kemmis and Mc Taggart each cycle with four stages: planning, action, observation, and reflection. Techniques of data collection through the results of monitoring action, field notes and evaluation test, as well as data collection by using documentation/photos taken during the learning process. Result understanding reading ability in the first cycle was 62,5%, and the second cycle was 92,5%. The average presentage of data monitoring teacher activity in the first cycle was 75,5% and student activity was 68,9%. The average presentage of data monitoring teacher activity in the second cycle was 97,7% and student activity was 93,3%. Therefore learning by using model cooperative learning type CIRC can improve the abilty of understanding reading. The implication of this research is throught model cooperative learning type CIRC may be one alternative improve bla bla bla.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. 2). Dra. Sri Kawuryan, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 01:34 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 01:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26393 |
Actions (login required)
View Item |